7 Penyebab Mata Merah

Tentunya kita pernah mengalami gangguan kesehatan seperti mata merah, baik itu kedua mata maupun salah satunya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mata anda menjadi merah, yang jelas hal ini terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada sclera (permikaan luar putih mata).

Ketika mengalami mata merah kondisi yang sering terjadi yaitu seperti belekan, keluar air, dan sakit mata sehingga membuat fungsi mata menjadi menurun (pandangan menjadi kabur), dalam kasus lain mata merah terjadi karena iritasi. Mata merah terjadi secara tiba-tiba dan akan hilang dalam beberapa waktu.

Ketika seseorang mengalami mata merah biasanya disebabkan oleh alergi, mata terlalu lelah, infeksi, dll. Jika mata merah tidak berangsur membaik atau justru semakin buruk, ada kemungkinan anda mengalami gangguan mata serius maka segera periksakan diri ke dokter untuk menjalani tindak medis yang lebih tepat.

7 Penyebab Mata Merah

penyebab mata merah

Berikut ini merupakan penyebab mata merah yang mungkin saja terjadi pada anda, anda dapat simak penjelasannya sebagai berikut tak hanya itu kami juga menyertakan tips atau cara mengatasi mata merah :

1. Kurang Tidur

Mata merah yang terjadi pada anda, bisa juga disebabkan karena anda kurang tidur (kurang beristirahat) terutama bagi anda yang bekerja didepan layar komputer. Mata merah di iringan dengan bengkak dan terlihat ada lingkaran gelap di sekeliling mata.

Ketika anda ngantuk janganlah mengucek-ngucek mata ini juga akan menyebabkan mata menjadi merah, dan solusinya anda harus pergi beristirahat agar mata anda menjadi segar kembali.

2. Merokok

Jika anda seorang perokok aktif mulai sekarang berhentilah merokok, karena merokok sangat berbahaya bagi organ paling penting dalam tubuh yaitu paru-paru dan jantung. Selain itu, asap yang ditimbulkan juga dapat menyebabkan mata merah karena iritasi.

3. Luka pada Mata

Luka pada mata juga merupakan penyebab mata menjadi merah. Biasanya ini terjadi karena ada benda kecil yang masuk kedalam mata (kelilipan), sehingga timbulah luka atau goresan. Mata merah terjadi karena pembuluh darah mata anda melebar untuk mengalirkan darah lebih banyak ke luka yang ada pada mata.

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah sebuah penyakit atau infeksi mata yang menular, ini biasa disebut dengan “sakit mata merah muda“. Hal ini terjadi karena terjadi peradangan di konjungtiva, sebuah lapisan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan kelopak mata bagian dalam.

Penyebab terjadi konjungtivitis atau sakit mata ini karena infeksi atau faktor lain seperti alergi dan debut. Ketika seseorang mengalami mata merah, berair dan mengeluarkan kotoran-kotoran maka itu bisa dimungkinkan mengalami penyakit Konjungtivitis  yang disebabkan karena virus.

5. Mata Kering

Mata kering terjadi ketika mata anda tidak mengeluarkan air yang cukup sebagai pelumas untuk menjaga kelembapan mata dan berfungsi untuk membersihkan dari debu. Mata kering dapat menyebabkan peradangan pada mata yang berujung pada mata merah.

6. Penggunaan Lensa kontak

Banyak orang yang malas menggunakan kacamata, mereka lebih memilih untuk menggunakan lensa kontak baik itu karena penunjang mata minus atau karena ingin tampil beda (sekedar fashion).

Perlu anda ketahui, bahwa mata merah juga dapat disebabkan karena penggunaan lensa kontak yang tidak tepat, apalagi jika perawatan lensa kurang diperhatikan maka akan membuat kotoran-kotoran menumpuk pada permukaan lensa dan mengganggu kesehatan mata.

7. Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu gangguan kesehatan pada mata dimana penderita akan kehilangan pandangan atau pengelihatan terkadang juga disertai rasa mual. Kasus ini terjadi bertahap dan tidak ada gejala yang timbul pada saat awal berkembang, tiba tiba mata terasa sakit dan memerah.

Ketika ini terjadi maka anda butuh segera mendapatkan penanganan medis karena dapat berdampak pada kebutaan. Segera pergi ke dokter sehingga dapat segera mendapatkan pertolongan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar