Cara Cek Daftar Faskes BPJS Kesehatan

Faskes merupakan singkatan dari Fasilitas Kesehatan, di BPJS Kesehatan ada faskes tingkat 1 dan ada juga faskes lanjutan. Berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada peserta bpjs yang sakit sesuai dengan prosedur sistem rujukan berjenjang yang berlaku di bpjs.

Yang tergolong faskes 1 adalah puskesmas atau setara, praktek dokter, klinik pratama, rumah sakit kelas D. Sedangkan yang tergolong faskes lanjutan adalah Klinik utama atau yang setara, Rumah Sakit Umum, dan Rumah Sakit Khusus.

Peserta yang ingin berobat menggunakan BPJS harus berobat terlebih dahulu ke faskes 1 sebelum ke faskes lanjutan. Misal : Anda sakit maka anda harus berobat ke puskesmas terlebih dahulu sebelum ke rumah sakit, jika ingin kerumah sakit harus ada rujukan dari faskes 1.

Faskes 1 yang dapat anda gunakan tertera pada kartu BPJS yang anda miliki, memilih faskes 1 pada saat melakukan pendaftaran pertama kali. Peserta juga dapat mengganti faskes yang ingin digunakan sesau dengan syarat yang berlaku. Baca Disisi : Pindah Faskes

Untuk mengetahui alamat faskes maka anda bisa cek menggunakan aplikasi web yang sudah di buat oleh BPJS Kesehatan. Cara cek faskes adalah sebagai berikut : 

Cek Faskes BPJS Kesehatan

Cek Faskes BPJS Kesehatan

  • Silahkan buka website resmi bpjs di www.bpjs-kesehatan.go.id
  • kemudian pilih menu Fasilitas Kesehatan > Lihat Gambar
  • Pilih Provinsi > Kabupaten / Kota dan Jenis Faskes
  • Klik Tampilkan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply