Apakah Persalinan dengan Operasi Caesar ditanggung BPJS Kesehatan ?

Khusus bagi peserta bpjs wanita yang saat ini sedang hamil, anda bisa mendapatkan bantuan kesehatan dari bpjs saat persalinan nanti dengan syarat anda harus terdaftar sebagai peserta bpjs aktif. Sebagian orang yang melahirkan ada yang normal ada juga yang perlu mendapatkan penanganan serius dari medis.

Salah satu penanganan serius yang sering terjadi yaitu melahiran dengan cara operasi sesar. Melahirkan dengan operasi caesar biaya nya lebih mahal dibandingkan dengan biaya melahirkan secara normal, rata – rata biaya persalinan dengan sesar sekitar 8 jutaan tergantung dari kamar inap nya.

Banyak yang bertanya apakah melahirkan dengan operasi caesar akan di cover atau di tanggung BPJS Kesehatan? Ya, BPJS akan menanggung atau mengcover biaya persalinan anda dengan cara caesar. Tentunya bagi peserta yang memenuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Persalinan Operasi Caesar

Persalinan Operasi Caesar

persalinan caesar yang ditanggung bpjs yaitu harus ada indikasi medis dari faskes 1 , yaitu jika mengalami posisi bayi yang sungsang, gawat janin, ketuban pecah atau sebagainya yang di nyatakan perlu mendapatkan penanganan medis yang serius, karena hal ini dapat mempengaruhi nyawa seorang ibu.

Untuk mendapatkan pertanggunan dari bpjs maka peserta harus mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku yang telah di tetapkan bpjs kesehatan. Yaitu anda perlu datang ke Faskes 1 untuk melakukan pemeriksaan, jika memang membutuhkan tindakan operasi caesar maka hal ini akan mendapatkan rujukan dari faskes dan dokter yang bersangkutan yang kemudian akan di lakukan langkah operasi sesar.

Jika ternyata persalinan peserta bisa dilakukan dengan normal dan peserta yang bersangkutan ingin melakukan operasi caesar di RS, maka biayanya tidak dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Akan tetapi jika dalam kondisi darurat peserta dapat langsung ke RS atau faskes manapun yang berada paling dekat dengan lokasi peserta, tanpa harus melapor terlebih dulu ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Kondisi darurat bagi ibu hamil meliputi perdarahan, kejang kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lainnya yang dapat menyebabkan keparahan, kecacatan, dan/atau kematian jika tidak segera ditangani.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Mau tanya point ”jika dalam kondisi darurat bisa langsung ke rs” nah ini pernah saya cek ke rs yg dekat rumah namun pihan rs menjawab tidak bisa melakukan penanganan atas kondisi darurat trsebut.itu bagaimana ya

    • @Roby : Anda dapat klarifikasian ke kantor BPJS terdekat pak… BPJS sudah ada aturan dan menentukan kondisi darurat itu seperti apa.. Jika RS yang telah bekerjasama dengan BPJS tapi tidak mengikuti prosedur akan ditindak lanjuti… Maka silahkan buat laporan ke BPJS

  2. Saya mendapat kartu bpjs kis dari pemerintahm dan saat ini saya sedang hamil 6 bulan, apakah saya bisa mendaftarkan calon bayi saya?? Atau saya harus pindah menjadi anggota bpjs mandiri telebih dahulu? Mohon infonya terimakasih

  3. Mlm
    Saya lagi hamil muda tpi saya seminggu yg lalu saya sempat terkena typus..
    pas saya lgi priksa ke bidan saya dkasih rujukan ke slah 1 Rs di daerah jkrta..
    Tpi saya gk bsa drawat d rs trsbut karna BPJS saya di slah satu klinik ddaerah jkarta jg,saya dsranin mnta srat rujukan ke klinik bpjs saya..
    saya dan suami dah crtain tentang tifus yg saya alami ada hsil test darah jg tpi ktanya ini sakit biasa saja..
    Pdhal saya dah lemes gk ada tenaga mo mnta rujukan karna saya merasa tiap bulan bayar BPJS saya..
    Tpi hasilnya mngecewakan,cuma dkasih obat yg udah saya minum tpi gk ada prbahannya..
    Knp saya berobat pake BPJS mlah terlantar ya pak/bu..??

  4. selamat sore .. saya mau tanya , saya sedang harap harap cemas , karna saya sudah hamil 40 minggu .. semalam saya abis usg di tempat bidan yg biasa saya kontrol . hasilnya berat badan janin sudah sekitar 3.6 kg dan ada lilitan di leher janin . dokter menyarankan untuk sc . apa saya bisa menggunakan bpjs ? kira kira akan ada tambahan biaya lagi atau tidak . karna yg terdaftar di bpjs hanya saya aja . trims ..

  5. Sy habis cesar dan bpjs saya class 2 dan pada saat cesar saya minta kamar yg di vip dan saya fikir sy akan membayar biaya upgrade kamar aja. Tetapi pas pembayaran biaya yg ditanggung bpjs hanya srkitar 4 jt an dan sy diharuskan membayar 8 jt lebih lagi.. Mungkin bisa dijelaskan knapa BPJS cuma menanggung dengan jumlah yg kecil menurut saya..

  6. mau tny sy skrg sedang hamil 30 mgg, sblmny sy kontrol kehamilan dng menggunakan uang pribadi(sistem rembes ke kntr suami), perbln agst dikntr suami sy tdk bs rembes lg disrh menggunakan bpjs. Kmren sy cb ke faskes 1 klinik utk kontrol kehamilan. Disn blm ada dr kandungan, trus riwayat ank pertama sy kn dl caesar krn retina sy menipis dan tdk bs lahir normal. Sy ceritakan kondisi sy ke dr klinik. Trus jarak ank pertama dan kedua sy ini jg terlalu dkt 2thnan. Dr klinik blg ini hrs caesar lg trus sy di rujuk utk kontrol ke rs hermina krn sblmny memang sy kontrol disn. Akhrny sy kesn dng rujukan utk kontrol kehamilan tp pelayanan disn utk bpjs sngat mengecewakan. Trus diliatlah riwayat sy disn. Krn sy sdh 4x kontrol dng pembayaran pribadi dr pihak rmh skt hermina mengatakan sy tdk bs melahirkan caesar disn dng menggunakan bpjs kecuali sy upgrade kelas vip dan biaya penambahanny sktr 17jt. Ketentuan dr rmh sakit herminanya 3x kontrol pembayaran pribadi baru bs pake bpjs utk melahirkan caesar. Apakah tiap rs mempunyai ketentuan yg berbeda2? Mohon pendapatnya,sy hrs gmn? Trus apakah benar bpjs kelas 1 utk melahirkan caesar hny menanggung biaya 6jt, utk obt dan jahitan yg digunakan pun standar rs. Sy mau upgrade utk obt dan jahitannya pun gk bs hrs upgrade kelas. Mohon info nya? Terima kasih

  7. selamat sore, jika saya ada miom di kandungan tapi kandungan sudah 5 bulan kalau mau menggunakan bpjs untuk caesar persyaratannya apa ya dari awal, terima kasih

    • @susi : anda dapat berobat ke faskes 1 terlebih dahulu dengan membawa kartu bpjs yang anda miliki, nanti medis akan memeriksa kondisi anda dan anda akan dirujuk ke rumah sakit dengan tanggungan bpjs kesehatan..

  8. Saya sedang hamil ke-4 dengan riwayat 3x sc. Yg pertama Ketuban Pecah Dini, kedua Detak Jantung Bayi tidak normal dan terlilit tali pusar. Sedangkan yg ketiga sc karena riwayat 2x sc dikhawatirkan resiko besar jika normal. Melahirkan yg ketiga saya pakai Asuransi perusahaan. Baru kali ini hamil mau pakai BPJS krn kebijakan pemerintah mewajibkan BPJS, sehingga perusahaan mencabut asuransi.
    Dokter spog lagi2 menyuruh melahirkan dgn sc. Pertanyaan saya, bisakah BPJS mengcover biaya sc anak ke4 dg kasus spt ini? Karena saya baru pertama kali mau pakai BPJS ini.

  9. Mau nanya nih istri saya mau melahirkan secara operasi sesar, melalui bpjs sedang kan si anak dalam kandungan blom terdaftar bpjs..berapakah biaya yg di kenakan buat anak terimakasih

  10. , gaji suami sayasdah dipotong untuk bpjs kesehatan tapi sampe sekarang kartu bpjs kesehatan blm ada, padahal ngurusnya dr desember 2014 dr fif bangko jambi. trs skrg saya akan melahirkan ank ke 4 secara caesar krn anak 1 sampe 3 sc semua apakah anak ke 4 akan djbiayai, kalo misalnya sesuai prosedur apakah bisa dibiayai persalinan anak ke 4 kl nggak kami gak bakal ikut bpjs.

  11. Saya mau tanya, 8 minggu lg saya lahiran secRa cesar, saya pengguna bpjs kels 1, yg mau saya tanyakan biaya oprasi tidak di tanggu bpjs semua itu tergantung rumah sAkitnya atau ada ketentuan tertentu?

  12. romi wijaya

    Istri sy mau dicesar sy pk bpjs apkah anaknya yg lahir bisa geratis ap sy harus bkn buat anak sy yg lahir.caranya gimana

  13. Selamat siang,adek sya peserta bpjs mandiri dan sebentar lagi mau melahirkan,kebetulan dapt info dri tetangga kalo melahirkan harus mencari bpjs melahirkan bukan bpjs kesehatan,apakah benar?
    Dan setelah menikah,dia didaftarkan oleh kelg suaminya untuk ikut program KIS , trus bagaimana nasib bpjs mandirinya?apakah KIS juga mengcover semua keluhan kesehatan termasuk melahirkan dan caesar?
    Terimakasih seblmnya

  14. Iya saya jg mau tanya,besok sy operasi caesar,saya ambil kls VIP krn kl sy ambil kls 3,dikenakan paket yg mengharuskan hy bole 3 hari,jika lebih dari 3 hari tetap hrs keluar RS. Kan belum tentu 3 hari sdh pilih. Jdakhirnya sy memutuskan mengambil.kls VIP tetapi bayar sendiri 5-6 jt.
    Apa benar prosedurnya seperti itu?
    Mohon penjelasannya,terimakasih

  15. Selamat malam, hari tadi saya mendaftarkan istri saya operasi cesar sesuai anjuran dokter, namun pada waktu saya mengajukan paket bpjs kelas 2 disitu saya dijelaskan bahwa bpjs hanya menanggung beban sebesar 4.800.000, sisanya dibayar oleh saya sebagai pasien. Sedangkan biaya cesar di rumah sakit tersebut sebesar Rp. 15.000.000,- Nah disini saya jadi bingung sebagai pengguna layanan bpjs, akhirnya operasi saya pending daripada gak kebayar sama saya. Mohon pencerahan. Terimakasih

  16. Erik Anggara

    Maaf pak, mau tanya istri saya kan baru lahiran di RSI Siti Khadijah di Palembang dengan cara caesar karena terdapat lilitan tali pusar di leher nya yg mengharuskan lahir pakai cara tersebut.
    Istri pakai BPJS kelas 2 dari kantor saya (POLRI), namun pada saat mau melahirkan kamar kelas 2 penuh dan hanya ada kelas 1 dan saya disuruh menyetujui jika mau masuk kekelas 1.
    Kemudian pada tanggal 04 Juni 2016, lahirla anak saya yg saat itu jg sudah ada BPJS nya dan diarahkan masuk R. Neonatus karena sulit bernafas.
    Setelah 3 hari dirumah sakit, istri saya dinyatakan boleh pulang hari ini 7 Juni 2016 dengan posisi bayi kami tetap tinggal dirumah sakit.
    Akan tetapi saya terkejut pak disuruh urus ke ADM malah saya di pinta uang 10jt rupiah untuk biaya perawatan nya, alasan dia saat itu sudah kesorean untuk menghitung koding apa lah kata dia. Dan saya disuruh meninggalkan uang 10jt saat itu juga, dan keesokan hari nya saya disuruh datang lgi untung mengurus sisanya kata dia.
    Kemudian karena saya merasa seluruh senior saya lahiran caesar gratis semua, dan ada yg kasusnya seperti saya pindah kamar paling besar dia bayar 200-300 bayar selisih kamar. Jadi saya tanya, katanya BPJS hanya menanggung biaya caesar sebesar Rp. 3.500.000,- dan biaya persalinan caesar disini Rp. 13.000.000,- lebih jd sisanya saya yg harus bayar kata petugas ADM.

    Saya mau tanya, apa benar kejadian seperti ini operasi caesar malah ga ditanggung?

    Soalnya pak, nyesal saya pakai bpjs kalo besarnya seperti ini.
    Biaya 9jt saya udh bisa operasi di klinik dr. Saran temen dan itu jg ruangan VIP sudah.
    Ini kok pakai bpjs malah buat kantong saya jebol, atau pihak rumah sakit yg cari keuntungan???

  17. Mohon infoxa, istri sya sdg hmil ank 2, sya priksa d dkter kandungan d sbuah rs. , bukan klinik faskes 1, dokter menyarankan utk persalinan ank 2 hrus cesar krn jrak antara ank pertama dan k 2 trlalu dkat , jdi bresiko utk prsalinan normal, dan prsalinan hrus d lakukan sbelum kontraksi , itu saran dri dkter kndungan sya, jrakxa kurang dari 2th , apakah biayaxa bsa msuk tnggungan bpjs, bgaimana prosedurnya ? Apa yg hrus sya siapkan , trima kasih

    • Jika istri anda sudah menjadi peserta BPJS , melahirkan dengan cara apapun akan ditanggung BPJS Kesehatan… Namun berobat terlebih dahulu ke faskes 1 untuk mendapatkan rujukan..

  18. Tanya donk…istri saya diharuskan caesar karena minus mata tinggi.apakah akan di cover full bpjs biaya seluruhnya apa akan dikenakan tambahan?
    Untuk bayi baru lahir kena biaya juga apa tidak y ? karena saya karyawan pabrik bukan wiraswasta yang bisa daftar bpjs untuk bayi sejak masih di kandungan.thx

  19. mohon informasi..saya sudah dapat rujukan dari faskes 1..apakah biaya untuk operasi caesar ditanggung seluruhnya oleh bpjs? ato masing2 rumah sakit punya kebijakan tersendiri mengenai biaya yang akan di cover oleh bpjs? ..terimakasih

  20. Maaf saya mau tanya
    Sebentar lagi saya akan melahirkan anak kedua.riwayat anak pertama caesar lalu dokter menyarankan jika berat janin lebih besar di bandingkan dengan anak pertama harus operasi lagi.tetapi saya menggunakan bpjs faskes 1.apakah benar” di tanggung oleh pihak bpjs kesehatan?

    • Secara informasi yang ketahui benar sekali, Operasi Caesar dapat ditanggung BPJS.. Anda dapat konsultasikan kepada Faskes 1 atau BPJS yang ada Pic Rumah Sakit…

  21. Maaf saya mau nanya nih… berarti Kalo sengaja operasi ceasar misalkan kandungan sehat kena biaya sendiri donkk….

  22. Mohon informasi, istri saya sebentar lagi mau melahirkan anak ke 3, riwayat kelahiran istri saya pada anak pertama pernah cecar, kebetulan ke 2 bisa normal, saat ini usia istri 35th tidak sekuat pas melahirkan anak ke 2, sedangkan apabila sudah ada riwayat Cesar, setau saya tidak boleh di suntik pacu, vacuum dll. Dan saat ini istri saya mempunyai keinginan untuk kelahiran ke 3 nya ini dengan cecar, apakah dalam kasus spt ini biaya operasi cecar bisa di claimkan ke BPJS..? Trims

    • Tetap ikuti prosedur pak,, Pihak medis lebih tahu…. Jadi jangan menurut diri sendiri. Jika ingin melahirkan menggunakan BPJS Kesehatan, daftarkan telebih dahulu istri menjadi peserta BPJS. Kemudian saat akan melahirkan datang ke Faskes 1 , nanti ketika mengharuskan di casar maka akan dirujuk ke Rumah Sakit utk Caesar dan akan ditanggung BPJS

  23. mau nanya saya mnggunakan bpjs perusaan istri oprasi caesar dan bayi agar tidak di kenakan biaya itu cara.y gmn

  24. mau nanya nih, istri saya kan bentar lagi mau lahiran, cuman posisi d kampung, masalahnya kan kartu bpjs nya pake faskes jakarta,nah itu gmana apa ngurus lagi apa cuman konfirmasi

Leave a Reply