Kartu e-ID BPJS berlaku seperti Kartu BPJS Fisik Biasa

kartu bpjs eid berlaku

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara offline atau online.

Pendaftaran offline dapat dilakukan langsung di kantor BPJS Kesehatan yang ada didaerah masing-masing, sedangkan pendaftaran online dapat dilakukan melalui situs resmi BPJS Kesehatan sesuai dengan data kependudukan.

Peserta yang sudah aktif akan mendapatkan kartu peserta BPJS yang didalamnya tertulis informasi nomor bpjs, nama peserta, tanggal lahir, nomor NIK, faskes tingkat pertama, dan kelas kepesertaan yang dipilih.

BPJS memiliki 2 jenis kartu peserta BPJS yaitu kartu bpjs biasa yaitu kartu fisik yang bisa disimpan dalam dompet, dan kartu bpjs digital yang sering disebut dengan kartu e-ID.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu tetap bisa digunakan untuk berobat di faskes 1 maupun di faskes lanjutan. Jika ada faskes yang menolak e-ID BPJS maka dapat anda laporkan ke pihak BPJS Kesehatan.

e-ID BPJS Kesehatan yang telah dikirimkan melalui email, silahkan anda cetak atau print dalam kertas A4, cetak bisa dalam tinta hitam saja (tidak harus berwarna) tapi jika anda ingin cetak berwarna itu lebih baik.

Kartu e-ID BPJS Kesehatan bisa anda dapatkan dengan melakukan registrasi di Mobile JKN, login dan kemudian cetak kartu bpjs digital.

Bagaimana cara menggunakan e-ID untuk berobat?

Anda cukup menunjukkan e-ID dan identitas diri lainnya seperti KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan.

Jika anda ingin menukarkan kartu Bpjs e-ID dengan kartu bpjs fisik, maka anda bisa pergi ke kantor BPJS terdekat dengan membawa kartu keluarga, NIK, dan e-ID yang ingin ditukar.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.