Pengambilan Kartu BPJS Bisa diwakilkan

pengambilan kartu bpjs

Seluruh WNI wajib mendaftar menjadi peserta BPJS, pendaftarannya bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor cabang BPJS didaerah anda. Anda bebas menentukan jenis kepesertaaan boleh mandiri, perusahaan atau PBI (jika memang tidak mampu).

Khusus untuk peserta Bpjs Mandiri memiliki kewajiban membayar iuran peserta setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih. Untuk kelas 1 iuran pesertanya sebesar Rp80.000, untuk kelas 2 iuran peserta nya sebesar Rp51.000 dan untuk kelas 3 iuran pesertanya sebesar Rp25.500,. sedangkan untuk PBI tidak dikenakan iuran peserta.

Setiap peserta yang terdaftar akan mendapatkan kartu peserta, kartu tersebut dapat digunakan sebagai bukti bahwa anda telah menjadi peserta bpjs. Didalam kartu tertulis nama lengkap, nomor peserta, jenis pesertaaan, kelas dan faskes 1 yang dipilih. 

Jika anda belum memiliki kartu BPJS maka anda dapat mengajukan permohonan dikantor cabang daerah domisili anda, anda bisa memproses kartu peserta untuk semua keluarga yang telah terdaftar tapi belum punya kartu peserta, pengambilan kartu BPJS Kesehatan boleh diwakilkan dengan anggota dalam 1 kartu keluarga (tidak boleh oranglain).

Anda juga bisa mendapatkan kartu peserta BPJS Digital melalui aplikasi JKN Mobile, silahkan anda login pada aplikasi tersebut dan kemudian anda bisa melakukan cetak kartu peserta. Kartu peserta dari JKN Mobile dalam bentuk file dan anda dapat mencetaknya pada selembar kertas.

Saat ingin mengambil kartu BPJS Kesehatan di kantor cabang BPJS, silahkan bawa bukti pembayaran, bawa kartu keluarga dan Kartu Identitas yang berlaku. Anda bisa langsung menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk berobat di FKTP yang anda pilih.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.