Syarat Melahirkan di Puskesmas dengan BPJS Kesehatan

syarat melahirkan dengan bpjs

Hampir semua jenis penyakit dan layanan medis ditanggung bpjs kesehatan, termasuk salah satunya melahirkan di puskesmas. Peserta yang sedang hamil dan ingin melahirkan maka bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Jika anda belum memiliki kartu BPJS maka silahkan melakukan pendaftaran peserta BPJS secara online atau datang langsung ke kantor cabang BPJS didaerah anda. Bawa persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar bpjs seperti KTP, KK, Buku Tabungan dll..

Melahirkan dengan BPJS merupakan solusi bagi anda untuk meringankan kondisi keuangan. Melihat biaya persalinan yang cukup mahal, apalagi jika sampai dilakukan operasi caesar maka biaya yang dibutuhkan jauh lebih banyak.

Namun, dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan semua dapat terbantu. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya, karena BPJS akan menanggung biaya tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

BPJS Kesehatan memberikan fasilitas kepada ibu hamil mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga proses persalinan di puskesmas yang telah dipilih sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Syarat Melahirkan di Puskesmas dengan BPJS Kesehatan

Jika anda dalam waktu dekat ini akan melahirkan dan ingin menggunakan fasilitas dari BPJS maka anda perlu mempelajari prosedur yang berlaku dan mengetahui syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan agar proses persalinan di puskesmas dapat ditanggung bpjs kesehatan.

  • Melahirkan dilakukan di Faskes 1

Peserta yang saat ini sedang hamil dan akan melahirkan, dapat menggunakan kartu bpjs nya untuk mendapatkan bantuan dari bpjs. Ketika sudah merasakan tanda-tanda akan melahirkan maka anda diharuskan pergi ke faskes 1 yang telah ditulis pada kartu peserta yang anda miliki.

Namun, jika fasilitas persalinan yang ada di faskes 1 tersebut tidak memadai atau kondisi yan tidak memungkinkan melahirkan di faskes 1 maka anda akan mendapatkan rujukan ke rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan.

  • Boleh langsung ke rumah sakit, apabila…….

Dalam keadaan darurat (seperti terjadi pendaraan, pecah ketuban dll) maka anda bisa langsung datang ke UGD Rumah Sakit yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan. Datang dengan membawa persyaratan administrasi yang lengkap.

Maka anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu sejak sekarang, sehingga ketika dibutuhkan saat akan melahirkan anda tidak perlu repot lagi mempersiapkan persayratan yang dibutuhkan.

  • Persyaratan yang dibutuhkan

Agar biaya persalinan ditanggung bpjs maka anda perlu mengajukan permohonan berobat dengan bpjs dan membawa persyaratan administrasi lengkap seperti :

  1. Fotocopy dan KTP Asli,
  2. Kartu Peserta BPJS Asli dan Fotocopy,
  3. Kartu Keluarga Asli dan fotocopy,
  4. Surat Rujukan (jika hendak kerumah sakit) dan
  5. Buku pemeriksaan kesehatan rutin ibu dan bayi.
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.