Inilah Penyebab Usus Buntu yang Harus Anda Ketahui

Sering kali orang mengalami penyakit pada salah satu organ tubuh kita yaitu terjadinya peradangan usus buntu atau dalam medis disebut dengan istilah appendicitis. Usus buntu merupakan organ yang memiliki ukuran kecil seperti ukuran jari kelingking kita. 

Di Indonesia banyak juga yang menyebutkan umbai cacing, namun walaupun ukuran kecil appendix atau usus buntu juga memiliki rongga seperti usus lainnya hanya saja usus ini tertutup pada bagian ujungnya maka disebut dengan usus buntu, dan pasti ada disemua orang.

Sehingga usus buntu itu bukanlah penyakit melainkan nama organ tubuh, ketika terjadi peradangan barulah timbul rasa sakit sehingga banyak orang menyebutnya penyakit usus buntu padahal yang benar adalah peradangan usus buntu.

Agar lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :

Usus Buntu Manusia

Usus Buntu Manusia – sumber : sainsbiologi.com

Diatas merupakan struktur organ usus yang ada di tubuh kita, dibagian dalam usus buntu juga terdapat rongga seperti usus lainnya dan terdapat lapisan mukosa yang menghasilkan lendir pencernaan, sedangkan pada dinding usus buntu terdapat pembuluh darah dan saluran limfatik.

Terjadinya Radang Usus Buntu

Radang usus buntu disebabkan karena ada nya penyumbatan pada rongga atau lumen yang ada didaerah sekitar pangkal yang dekat dengan usus besar. Penyumbatan tersebut berakibat lendir yang dihasilkan lapisan mukosa memenuhi rongga yang kemudian usus buntu mengalami pembengkakan dan pertumbuhan bakteri terus meningkat.

Pada kondisi seperti itu tekanan dalam rongga meninggi, sehingga dinding usus buntu mengalami tekanan yang menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah dan aliran limfatik yang kemudian mempengaruhi bagian yang lainnya yaitu jaringan usus buntu kekurangan oksigen, yang akan membuat jaringan menjadi rusak.

Jika tidak segera ditangani oleh medis, maka tekanan rongga yang tinggi ditambah dengan kondisi usus buntu yang sudah lemah maka usus buntu akan mudah pecah. Ketika pecah, maka akan keluar semua isinya termasuk nanah dan bakteri dan masuk kedalam rongga perut dan dapat menimbulkan penyakit lainnya hingga berujung pada kematian.

Penyebab Radang Usus Buntu

Penjelasan singkat mengenai alur terjadinya peradangan diatas disebabkan karena adanya penyumbatan usus buntu. Penyumbatan tersebut dalam disebabkan karena beberapa hal diantaranya :

  1. Fases atau fekalit yang sering menjadi penyebab utama peradangan
  2. Benda asing
  3. Cacing
  4. Trauma Tumpul
  5. Pembesaran jaringan timfolid

Note * : Fases atau fekalit adalah tinja yang keras (membantu) secara terakumulasi.

Ada penyebab lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan usus buntu (apendisitis) yaitu adanya parasit seperti E. Histolytica yang membuat mukosa usus buntu mengalami erosi atau rusak. Setelah diteliti bahwa orang yang jarang mengkonsumsi serat (buah atau sayur) lebih cenderung dan mudah terserang penyakit usus buntu.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar