Gejala dan Ciri-ciri Penderita Gula Darah Rendah

Kebanyakan orang menyebutkan bahwa orang yang menderita gula darah rendah sering mengalami sempoyongan yang diikuti pengelihatan buram, badan lemas dan keringat dingin. Apakah pernyataan itu benar? Baiklah mari kita bahas bersama-sama mengenai penyakit gula darah rendah ini.

Penyakit gula darah rendah disebut juga dangean hipoglikemia yaitu gangguan kesehatan yang terjadi akibat kadar gula dalam darah mengalami penurunan di bawah kadar normal ( kurang dari 70 mg/dL).

Umumnya penurunan kadar gula darah di akibatkan dari pankreas yang mensekresikan terlalu banyak insulin, akibatnya sel dalam tubuh menyerap lebih banyak gula dari darah. Sehingga dampak yang dirasakan dari penurunan gula darah ini yaitu menyebabkan seseorang menjadi sempoyongan dan lemas.

Ketika seseorang kelebihan insulin maka akan menyebabkan gula darah rendah, namun sebaliknya apabila kekurangan insulin maka akan menyebabkan kelebihan gula darah yang sering disebut dengan penyakit diabetes melitus. Sehingga seseorang harus bisa menjaga keseimbangan insulin dalam tubuhnya, agar tidak terjadi penyakit hipoglikemia maupun diabetes.

Gejala Gula Darah Rendah

Gula darah rendah terbagi menjadi 3 yaitu gula darah rendah ringan, gula darah rendah sedang, dan gula rendah darah parah. Apabila seseorang sudah masuk kedalam gula darah rendah parah maka hal ini dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu sebelum terlambat maka anda perlu menerapkan gaya hidup sehat.

Gula darah rendah ringan terjadi ketika seseorang memiliki kadar gula rendah 50 mg/dL sampai 70 mg/dL. Untuk mengatasinya, umumnya cukup dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung gula. Gejala yang dapat timbul diantaranya :

  1. Sakit kelapa / Pusing
  2. Berkeringat
  3. Pengelihatan menjadi buram
  4. Gementar seperti orang menggigil
  5. Merasa lapar diikuti mual

Gula darah rendah sedang terjadi apabila seseorang memiliki kadar gula rendah antara 30 mg/dL sampai 40 mg/dL. Gejala yang dapat ditimbulkan ketika seseorang menderita gula darah rendah sedang dapat terlihat dari perubahan prilaku , di antaranya :

  1. Mudah marah
  2. Sulit konsentrasi
  3. Kebingungan
  4. Ucapan tidak jelas
  5. Sempoyongan
  6. hingga otot berkedut

Sedangkan seseorang menderita gula darah rendah parah apabila memiliki kadar gula rendah dibawah 20 mg/dL. Gejala yang timbul juga tidak main-main yaitu sampai terjadi : Kejang-kejang, koma (hilang kesadaran), Stroke hingga menyebabkan kematian.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar