5 Hal yang Perlu diperhatikan Saat Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan

Banyak keuntungan yang dapat dirasakan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Ibu hamil akan mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS mulai dari pemeriksaan kehamilan, usg saat terjadi gangguan kehamilan hingga proses persalinan.

Biaya persalinan akan ditanggung BPJS Kesehatan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, baik itu melahirkan secara normal maupun melahirkan dengan cara caesar.

Melahirkan normal akan mendapatkan jaminan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp600.000, sedangkan untuk melahirkan dengan operasi caesar maka akan mendapatkan jaminan dari BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

operasi caesar pakai bpjs kesehatan

Khusus buat peserta BPJS Kesehatan yang melahirkan dengan cara operasi caesar maka perlu memperhatikan 5 hal berikut ini :

1. Operasi Caesar atas Permintaan Sendiri

Setiap ibu hamil tentu ingin melahirkan secara normal, tapi ada juga sebagian orang yang ingin operasi caesar karena tidak kuat menahan rasa sakit menunggu masa-masa melahirka sehingga mereka meminta untuk di operasi caesar saja.

Perlu anda ketahui bahwa melahirkan dengan operasi caesar dengan bpjs tidak bisa atas permintaan sendiri, jika berdasarkan atas permintaan sendiri maka tidak ditanggung bpjs. Namun apabila atas dasar medis dan rujukan dari dokter / bidan maka bpjs akan memberikan jaminan.

2. Harus berdasarkan Indikasi Medis

Masih ada hubungannya dengan poin pertama, dimana operasi caesar yang ditanggung bpjs kesehatan harus berdasarkan indikasi medis dari dokter / bidan.

Apabila operasi caesar atas permintaan sendiri, karena mungkin takut merasakan sakit, atau mungkin ingin melahirkan ditanggal yang bagus atau lainnya maka tidak akan ditanggung bpjs kesehatan.

3. Bawa Surat Rujuan dari Faskes 1 

Biasanya operasi caesar dilakukan di klinik atau rumah sakit yang telah memiliki fasilitas yang memadai. Apabila, ternyata bidan atau puskesmas tidak sanggup untuk menangani dan mengharuskan anda operasi caesar maka anda akan mendapatkan surat rujukan untuk pergi ke rumah sakit.

4. Cek Kartu BPJS Anda, Apakah Masih Aktif?

Agar operasi caesar ditanggung BPJS Kesehatan anda harus mendapatkan surat rujukan dan juga pastikan bahwa kartu BPJS anda dalam kondisi aktif (tidak ada tunggakan). Maka dari itu, sangat penting anda membayar iuran bpjs tepat waktu agar status bpjs tetap aktif.

5. Bisa kok langsung ke Rumah Sakit, jika kondisi Gawat Darurat.

Tak perlu khawatir, jika memang kondisi gawat darurat maka anda bisa langsung pergi ke rumah sakit. Sesuai dengan ketentuan dalam BPJS, jika memang terjadi sesuatu yang membahayakan bagi ibu dan bayi seperti ketuban pecah, pendarahan, dan sebagainya maka bisa langsung ke UGD Rumah Sakit.

Dan jika ternyata, terdapat indikasi medis dari dokter yang menangani anda maka proses persalinan caesar akan ditanggung BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Operasi Caesar dengan BPJS

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.