5 Gejala Sinusitis yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Sinusitis yang perlu diketahui

Sinusitif merupakan sebuah peradangan dalam hidung yang disebabkan oleh infeksi virus di udara, penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja terutama yang sering melakukan perjalanan dan daya tahan tubuh yang lemah. Gejala yang sering terjadi seperti mengalami pilek, hidung gatal, alergi dan flu.

Virus yang dapat menyebabkan penyakit sinusitis salah satunya adalah flu, virus tersebut membuat lendir menjadi kental dan sulit dikeluarkan dari hidung, karena terjadi penumpukan lendir maka bakteri berkembang lebih cepat sehingga menyebabkan infeksi bakteri dan timbullah penyakit sinusitis.

Bagi anda yang menderita penyakit sinusitis jangan terlalu khawatir, karena kabar baiknya infeksi bakteri yang menyebabkan sinusitis ini dapat diobati dengan antibiotik. Baiklah, ada 5 gejala sinusitis atau infeksi sinus yang perlu anda ketahui sebagai berikut :

1. Flu lebih dari Seminggu

Gejala klasik yang sering dialami penderita sinusitis adalah flu. Biasanya sakit flu akan menyebabkan hidup menjadi gatal, lemas, kepala pusing dan akan membaik pada hari ketujuh. Namun, apabila flu masih terus belanjut maka ada kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri pada sinus, dan segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Warna Lendir berubah Kental Coklat / Kuning

Flu biasanya akan diiringi dengan pilek, pileh biasanya cairan nya akan keluar bening. Akan tetapi ketika sinus telah terinfeksi bakteri lendir pilek yang keluar akan lebih banyak dan kental, warnanya juga telah berubah menjadi kuning atau hijau.

3. Post-nasal drip

Ingus yang semakin produktif mungkin berarti Anda mengalami post-nasal drip. Hal ini terjadi ketika lendir menumpuk di belakang sinus dan menetes ke dalam tenggorokan dan dada.

4. Mengalami Batuk Berdahak

Jumlah lendir yang banyak terkadang tidak bisa keluar dari hidung dan akan dialirkan ke tenggorokan, karena lendir yang masuk ke tenggorokan banyak maka akan menyebabkan batuk berdahak. Segera obati ketika anda telah mengalami hal demikian ini agar tidak semakin bertambah parah.

5. Tekanan pada sinus dan Terasa Nyeri

Infeksi sinus bisa membuat wajah dan area sinus (rongga udara di balik tulang wajah) terasa lebih tertekan, hingga terkadang menyebabkan sakit pada bagian kepala (nyeri kepala). Ada juga orang yang merasa bagian sinusnya membengkak.

Baca Juga : Berobat dengan BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar