Pemberian Vaksin HPV untuk Mencegah Kanker Serviks

Jenis Vaksin HPV untuk mencegah Kanker Serviks

Salah satu penyakit kanker yang menakutkan yaitu kanker serviks, karena bisa menyebabkan kematian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit ini adalah dengan memberikan vaksin HPV. 

HPV adalah singkatan dari Human Papillomavirus, nama virus penyebab kanker serviks, virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Dengan pemberian vaksin HPV atau vaksin kanker serviks menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan virus HPV.

Ketika seorang wanita telah terinfeksi virus HPV maka akan tumbuh sel abnormal pada serviks yang dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Pemberian vaksin HPV kepada wanita direkomendasikan sebanyak 3 dosis dalam 3 kali pemakaian. Vaksin pertama diberikan pada masa remaja yaitu 11-12 tahun, kemudian vaksin kedua diberikan satu atau dua bulan setelah vaksin pertama. Lalu, vaksin ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

Pemberian vaksin dengan 3 dosis diatas maka diharapkan dapat melindungi diri dari infeksi virus berbahaya tersebut (virus HPV). Pemberian vaksin HPV bukan hanya di berikan kepada wanita saja, melainkan pria juga dapat memanfaatkannya untuk mencegah terinfeksi HPV.

Pria yang terinveksi HPV akan beresiko terjadinya penyakit kutil kelamin, kanker anus serta kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks.

Jenis Vaksin HPV

Virus HPV terdapat berbagai macam jenis, ada sekitar 40% dari seluruh jenis virus HPV yang dapat menyebabkan infeksi dalam kelamin, dan beberapa jenis juga dapat menyebabkan resiko terjadinya kanker serviks. Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan, yaitu:

1. Vaksin Jenis Cervarix.

Vaksin jenis ini pada umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin. Vaksin ini akan mencegah terjadinya infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab utama terjangkit kanker serviks. Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.

2. Vaksin Jenis Gardasil.

Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.

3. Vaksin Jenis Gardasil 9.

Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar