Syarat dan Cara Mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan

syarat dan cara daftar bpjs di kantor bpjs kesehatan

Pemerintah memiliki program jaminan kesehatan sebagai asuransi kesehatan kepada semua masyarakat Indonesia dengan premi atau iuran bulanan yang sangat murah yaitu BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan merupakan lanjutan atau perubahan dari yang sebelumnya adalah Askes. Semua Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan wajib mendaftar program bpjs ini.

Peserta BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk mengikuti iuran bulanan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu kelas 1 Rp80.000 perorang perbulan, kelas 2 Rp51.000 perorang perbulan, dan kelas 3 Rp25.500 perorang perbulan.

Syarat untuk mendaftar BPJS Kesehatan sebagai berikut:

  1. Memiliki kartu identitas (KTP, Paspor, Akte Kelahiran (khusus dibawah 17 tahun))
  2. Memiliki Kartu Keluarga yang masih berlaku
  3. Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)
  4. Fotocopy buku tabungan (BNI, BRI atau Mandiri)
  5. Pascoto 3×4 sebanyak 2 lembar

Setelah syarat yang kami sebutkan diatas telah terpenuhi secara lengkap (tanpa terkecuali), maka anda bisa melakukan registrasi atau mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan secara mandiri.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS yaitu daftar secara langsung ke kantor cabang BPJS terdekat atau daftar secara online melalui situs resmi BPJS atau JKN Mobile Apps.

Mendaftar Langsung di Kantor BPJS Kesehatan 

1. Bawalah berkas persyaratan yang dibutuhkan seperti yang telah kami sebutkan diatas, jangan sampai ada yang kurang. Bawa berkas tersebut ke kantor bpjs kesehatan terdekat, kami sarankan untuk datang ke kantor bpjs lebih awal.

2. Datang ke kantor BPJS Kesehatan lebih awal (pagi) sesuai dengan jam kerja yang berlaku, jangan datang diatas jam 12 karena dapat dipastikan anda akan mendapatkan nomor anterian yang panjang

3. Sesampai di kantor BPJS Kesehatan, ambilah nomor anterian untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, minta bantuan satpam jika masih kurang jelas. Pada saat menunggu, isi lah form pendaftaran yang telah disiapkan.

4. Isilah form pendaftaran dengan lengkap dan teliti, serahkan form tersebut sekaligus syarat-syarat yang diperlukan ke petugas yang melayani anda sesuai dengan antrian yang anda dapat. Disinilah pendaftaran anda akan diproses!!

5. Anda akan mendapatkan nomor virtual jika pendaftaran sudah diproses, selanjutnya anda melakukan pembayaran pertama menggunakan nomor virtual yang sudah diberikan, bayarlah setelah 14 hari sejak tanggal pendaftaran.

6. Setelah bayar, pergi lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk membuat kartu fisik BPJS Kesehatan, atau anda juga bisa mendapatkan kartu e-bpjs melalui aplikasi JKN Mobile, fungsi dari e-BPJS juga sama dengan kartu bpjs fisik.

7. Pendaftaran selesai, kartu BPJS anda sudah bisa digunakan untuk berobat.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.