Cara dan Syarat Pindah dari BPJS PBI ke BPJS Mandiri

kantor bpjs melayani peserta yang pindah dari pbi ke mandiri

PBI merupakan kelas kepesertaan BPJS yang iurannya ditanggung oleh Pemerintah, hanya saja kelas yang wajib diikuti yaitu kelas 3 dan tidak boleh pindah kelas.

Apabila peserta ingin pindah kelas dari kelas 3 ke kelas 2 atau kelas 1 maka yang bersangkutan harus pindah dulu kepesertaannya ke BPJS Mandiri.

Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa peserta PBI mengajukan pindah ke BPJS Mandiri, namun perlu diketahui bahwa nantinya peserta memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulan jika pindah ke BPJS mandiri.

Iuran BPJS Mandiri adalah sebagai berikut :

  1. Kelas 1 Rp80.000
  2. Kelas 2 Rp51.000
  3. Kelas 3 Rp25.500

Namun jika peserta pbi ingin pindah ke bpjs mandiri tetap diperboleh dan dipersilahkan. Cara pindah dari PBI ke BPJS Mandiri sangat mudah, yaitu cukup datang ke kantor cabang BPJS untuk menonaktifkan kepesertaan PBI nya.

Jangan lupa untuk membawa kartu peserta, KK asli dan materai 6Rb.

Setelah status PBI berhasil dinonaktifkan, maka selanjutnya peserta bisa dialihkan ke peserta JKN KIS Mandiri, dengan membawa persyaratan seperti KTP asli, KK asli dan buku tabungan bank Mandiri/BNI/BRI/BCA.

Bayar iuran tepat waktu agar status kepesertaan tetap aktif, apabila peserta tidak bayar iuran maka kartu BPJS akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan sampai peserta melunasi tagihannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga bermanfaat. Kami doakan semua anda dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI
Loading...

2 COMMENTS

  1. Gimana ya caranya kalo mau pindahh dari bpjs mandiri ke bpjs dari kantor?
    Tapi saya masih punya tunggakan sekitar 6bulan, tolong informasi nya ya.. trims

  2. Gimana ya caranya mau pindah dari bpjs mandiri ke bpjs dari kantor?
    Tapi saya masih punya tunggakan sekitar 6bulan, tolong informasi nya.makasih

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.