Ingin mengaktifkan kembali bpjs kesehatan

cara mengaktifkan kembali bpjs kesehatan

Ketika status bpjs di nonaktifkan sementara maka peserta tidak bisa menggunakan kartu bpjsnya untuk berobat, untuk itu perserta yang bersangkutan harus mengaktifkan kembali bpjs kesehatan miliknya.

Kewajiban seorang peserta setelah dinyatakan terdaftar sebagai peserta bpjs maka harus membayar iuran setiap bulan dengan besar iuran yang telah disesuaikan berdasarkan kelas yang dipilih peserta.

  1. Kelas 1 iurannya Rp80.000
  2. Kelas 2 iurannya Rp51.000
  3. Kelas 3 iurannya Rp25.500

Peserta harus bayar tepat waktu dan jangan sampai menunggak bayar, karena apabila peserta tidak bayar iuran lebih dari 3 bulan mka status bpjs akan dihentikan atau nonaktifkan sementara.

Ingin mengaktifkan kembali bpjs kesehatan

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa jika anda telah bayar iuran maka status kepesertaan akan dihentikan sementara sampai tunggakannya dibayar lunas.

Jika anda ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs maka harus melunasi tunggakan bpjs yang belum dibayar, pembayaran tagihan bpjs lewat tokopedia, atm, indomaret, atau bisa langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Bagaimana jika telah sampai 4 tahun??

Jika anda telah 4 tahun maka anda hanya wajib membayar tagihan 24 bulan + 1 bulan saja, jadi ga harus bayar 48 bulan semuanya. Na, setelah tagihan / tunggakan dibayar lunas maka status bpjs akan diaktifkan lagi.

Ketika kartu BPJS Kesehatan anda telah aktif maka bisa langsung digunakan untuk berobat di faskes 1 ataupun ke Rumah Sakit. Namun perlu diketahui bahwa, jika digunakan sebelum 45 hari sejak di aktifkan dan ternyata menjalani rawat inap maka pasien akan dikenakan urun biaya sebesar 2.5% atau maksimal 30 juta.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, apabila ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui kolom komentar atau kirim email ke panduanbpjs.com, kami akan berusaha menjawab semua pertanyaan yang anda sampaikan.

Sekian, terima kasih.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

1 COMMENT

  1. asalamualaiqum
    selamat sore
    pak bu mau tanya
    kalo no bpjs kesejatan atas nama robi gunawan berpa yah
    sama no nik no kk
    saya pernah berkerja di pt softex indonesia
    terima kasih

    wasalam

    robi gunawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.