Apakah Status BPJS Kesehatan Bisa ditutup? Ini Jawabannya!!

Semua Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan diwajibkan untuk mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Anda bisa mendaftar BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang disediakan, yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Masing-masing kelas memiliki besar iuran atau premi yang berbeda-beda, ketika anda memilih kelas maka anda perlu menyesuaikan dengan kemampuan.

Besar Iuran Peserta BPJS Sebagai berikut :

  1. Iuran Kelas 1 sebesar Rp80.000
  2. Iuran Kelas 2 sebesar Rp51.000
  3. Iuran Kelas 3 sebesar Rp25.500

Jangan paksakan diri untuk memilih kelas 1 kalau memang tidak sanggup, bahkan jika tidak mampu bisa mendaftar menjadi peserta PBI (penerima bantuan iuran). Peserta PBI tidak dikenakan biaya iuran bulanan karena iurannya akan dibayarkan oleh Pemerintah sebagai Subsidi.

Apakah Status BPJS Kesehatan Bisa ditutup?

cara tutup bpjs

Banyak yang mengajukan pertanyaan seperti itu kepada kami, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan untuk anda.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 bahwa semua warga negara Indonesia wajib mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, bahkan apabila tidak mendaftar bpjs maka tidak akan mendapatkan pelayanan publik seperti membuat sim, passport dll.

Sehingga melihat dari peraturan tersebut bahwa Status Kepesertaan di BPJS KESEHATAN tidak bisa ditutup atau tidak bisa keluar. Sampai kapanpun, anda harus menjadi peserta BPJS kecuali jika meninggal dunia maka data akan dihapus.

Hanya saja, ketika anda tidak membayar iuran maka status kepesertaan akan dihentikan sementara. Itu artinya ketika anda melunasi tagihan iuran bpjs yang belum dibayar maka status kepesertaan akan diaktifkan dan bisa digunakan lagi.

Tagihan yang dibebankan kepada peserta yang telat bayar iuran itu maksimal 12 bulan, contoh: jika anda telah bayar iurnan 5 bulan maka anda harus melunasi tagihan 5*iuran berdasarkan kelas, apabila anda telah bayar iuran 4 tahun maka anda harus melunasi tagihan hanya 12*iuran berdasarkan kelas yang dipilih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat mencerahkan terhadap pertanyaan anda. Namun, jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai program BPJS Kesehatan anda bisa tulis pada kolom komentar dibawah artikel ini.. Terima Kasih.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

9 COMMENTS

  1. Bisakah BPJS kelas satu diganti ke kelas tiga karena ketidak mampuan membayar iuranya atau kalau bisa pindah ke BPJS yg gratis,terima kasih atas jawabannya. Dan apakah seandainya BPJS tidak pernah digunakan sama sekali oleh pemiliknya apakah bisa cair kembali iuran tersebut seperti asuransi.terima kasih.

  2. Maaf mau tanya,saya sudah nunggak bpjs lama&sy tdk sanggub bayar tunggakannya,gimana solusinya?smpe sekarang sy masih dpt sms tagihan dari bpjs

  3. Saya hanya memberikan saran.menurut saya bila kartu peserta bpjs mandiri nonaktif atau nunggak kan di stop tidak bisa berlaku untuk berobat..
    Tapi kenapa iuran tetap berjalan justru itu semakin membuat tagihan membengkak tapi kartu tidak bisa di gunakan harus nya stop juga hingga iuran di bayar jadi adil.
    Kalau seperti ini menurut saya tidak adil kartu non aktif…tapi iuran berjalan terus mohon di pertimbangan dalam membuat keputusan jangan sebelah tapi rakyat juga perlu di kasih kebijakan terimakasih

  4. Siang, saya mau tanya bagaimana cara berhenti dari bpjs mandiri karna waktu itu saya kedatangan dari dinas sosial karna anak saya mendapat bantuan berupa kjp, saya disarankan untuk berhentikan bpjs mandiri dan kebetulan keluarga saya sudah tidak sanggup untuk membayar bpjs,apakah bisa berhenti bpjs mandiri dan mengganti nya dengan bpjs yang gratis?

  5. saya tidak. mampu membayar iuran BPJS..
    apa cara 2 supaya saya tidak terbebani dengan iuran bpjs.. mohon petunjuknya

  6. Maaf sy mau tanya… bpjs sy sdh lama nunggak dan sy tdk mampu untuk bayar klw didlm kk sy sdh 4 org… apa bs dinon aktif..bgmm cara??

  7. Cara dan syarat untuk mengubah data bpjs gimana? Saya awalnya di surabaya sekarang pindah ke malang. Untuk perubahan via online aplikasi belum memenuhi. Mohon bantuannya. Trimakasih

  8. Saya harus melakukan tes di laboratorium. Tes Hormon T3 dan T4. Saya anggota bpjs dari PNS. Bagaimana prosesnya supaya bpjs saya berlaku? Karena kata pihak rumah sakit bpjs nya tidak membiayai. Dan di suruh ke Prodia. Mohon solusinya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.