Apakah BPJS Langsung Aktif Setelah Bayar Tunggakan?

kartu bpjs aktif

Kewajiban peserta BPJS yaitu membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih. Jika anda pilih kelas 1 maka iurannya sebesar Rp80.000, jika pilih kelas 2 maka iurannya sebesar Rp51.000, jika pilih kelas 3 maka iurannya Rp25.500. 

Iuran BPJS harus dibayar setiap bulan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, apabila peserta terlambat membayar iuran atau menunggak 1 bulan maka status bpjs akan di nonaktifkan sementara dan tidak bisa digunakan.

Untuk bisa menggunakannya kembali peserta harus membayar tunggakan iuran sesuai dengan tagihannya. Apabila peserta BPJS menunggak lebih dari 12 bulan maka tagihan yang harus dibayar maksimal 12 bulan saja.

Baca Disini: Telat Bayar BPJS Sampai 5 Tahun

Mungkin saat ini anda memiliki pertanyaan, apakah status bpjs saya akan langsung aktif setelah saya bayar tunggakannya?

Baiklah, kami akan bantu menjawab pertanyaan yang anda ajukan. Perlu anda ketahui, bayar tunggakan bpjs bisa lewat ATM BRI, BNI, Mandiri atau langsung ke kantor BPJS Kesehatan dan tidak ada denda atas keterlambatan yang anda alami.

Status BPJS anda akan langsung aktif dan bisa langsung di gunakan untuk berobat setelah anda melunasi tagihan iuran yang belum dibayar. Anda dapat langsung berobat ke faskes bpjs yang sesuai dengan faskes yang tertulis pada kartu peserta anda.

bpjs langsung aktif

Tapi ingat !! jika dalam kurun waktu kuran dari 45 hari, kok menjalani rawat inap maka anda akan dikenakan biaya, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika anda belum mengetahui kebijakan ini silahkan baca :

Baca Disini : Aturan Biaya Rawat Inap bagi peserta yang menunggak

Kami rasa informasi tersebut sudah cukup jelas, hal ini dilakukan sebagai bentuk konsekwensi peserta yang telat bayar iuran. Sehingga tidak memanfaatkan bpjs hanya ketika membutuhkan.

BPJS Kesehatan memiliki tagline “Dengan Gotong Royong semua Tertolong”. Jadi semua perlu sadar pentingnya tolong menolong dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, walaupun kondisinya dalam keadaan sehat karena bisa bantu orang banyak.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


2 COMMENTS

  1. Assalamualaikum dan slamat pagi bpk/ibu saya mau tanya, bagaimana cara memindahkan BPJS dari Perusahan Swasta ke Instansi Negeri..?

  2. Pa Bu saya telat 3 tahun gak bayar iuran BPJS..tapi saya akan membyar nya

    Tapi saya harus datang ke kantor dulu apa tidak jika ingin melunasi tunggakan yang 3 tahun itu

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.