Soal Kartu BPJS Yang Hilang, Ini Cara Mengurusnya !!

kartu bpjs hilang

Kartu BPJS merupakan sebuah identitas peserta bpjs yang digunakan pada saat ingin berobat. Dengan memiliki kartu BPJS itu artinya anda sudah terdaftar dalam program jaminan kesehatan milik pemerintah.

Sama hal nya dengan kartu ATM, ternyata banyak juga yang sering kehilangan kartu BPJS. Ketika kartu bpjs hilang, kalau memang bisa dicari, ya dicari sampai ketemu, tapi kalau sudah dicari kemana-mana tidak ketemu mau ga mau harus buat yang baru.

Kehilangan BPJS Kesehatan memang bikin ribet, karena anda harus meluangkan waktu untuk pergi ke kantor BPJS untuk mengurusnya. Apalagi ketika datang ke kantor BPJS, antriannya cukup banyak maka perlu datang pagi-pagi banget agar dapat nomor anterian paling depan.

Jika kartu bpjs anda hilang maka anda perlu segera mengurusnya, karena takutnya sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk itu, anda perlu tahu soal kartu bpjs yang hilang dan cara mengurusnya.

Untuk mendapatkan kembali kartu BPJS maka anda harus datang ke kantor bpjs cabang BPJS Kesehatan di kota anda. Jangan lupa untuk membawa surat keterangan hilang yang telah ditanda tangani di atas materai 6000 dan KTP.

Tidak ada biaya admin pergantian kartu

Untuk lebih mudah bisa cetak kartu e-ID melalui Aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh melalui play store atau app store. Adapun langkah-langkah untuk cetak kartu melalui aplikasi Mobile JKN:

  1. Pendaftaran pengguna mobile untuk register (isi data pribadi peserta)
  2. Log in menggunakan no kartu/username/email dan password yang dibuat,
  3. Pilih menu kartu peserta,
  4. Pilih gambar kop surat dibagian bawah kiri,
  5. Periksa email yang didaftarkan (kartu E-id terkirim),
  6. Unduh file kartu E-id yang dikirimkan, print kartu dan dilaminating agar kartu tetap terjaga, untuk fungsinya sama seperti kartu yang dikirim dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda yang sedang kehilangan kartu BPJS dan ingin mengurusnya. Semoga bermanfaat, jika sudah mendapatkan kartu yang baru maka jaga baik-baik jangan sampai hilang, simpanlah di tempat yang baik sehingga ketika diperlukan tidak repot lagi. Thanks

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.