BPJS Kesehatan tetap Tanggung Biaya Persalinan

Melahirkan dengan BPJS

“Jika anda mendapatkan informasi bahwa BPJS Kesehatan sudah tidak lagi memberikan tanggungan terhadap biaya persalinan untuk ibu hamil itu adalah hoax, karena pasalnya banyak peserta yang mengira bahwa bpjs tidak tanggung lagi biaya persalinan

BPJS Kesehatan membantah informasi yang beredar di masyarakat, dalam informasi tersebut dikabarkan bahwa bpjs telah menghapus penjaminan 3 layanan yaitu katarak, regabilitasi medik dan persalinan bayi sehat. 

Seperti yang terlansir dalam laman Kompas, Kepala Humas BPJS Kesehatan, Nopi Hidayat menjelaskan bahwa 3 layanan tersebut masih dan tetap dijamin oleh BPJS.

Berikut penjelasannya “Kami tegaskan, semua pelayanan itu tetap dijamin oleh skema JKN-KIS. Perdir itu terbit dimaksudkan untuk mengoptimalkan mutu pelayanan dan efektivitas penjaminan kesehatan,” kata Nopi ~ Kompas

Beredarnya kabar bahwa BPJS tidak menjamin lagi 3 layanan tersebut setelah BPJS menerbitkan kebijakan baru dan ini membuat banyak masyarakat bingung. Adapun kebijakan baru adalah sebagai berikut:

Per 25 Juli 2018, BPJS Kesehatan menerapkan implementasi (1) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, (2) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, dan (3) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Kesimpulannya : 

BPJS Kesehatan tetap akan menjamin semua jenis persalinan baik normal (baik dengan penyulit maupun tanpa penyulit) maupun caesar, termasuk pelayanan untuk bayi baru lahir beserta ibunya.

Namun, apabila bayi membutuhkan pelayanan atau sumber daya khusus, maka diatur dalam Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, faskes dapat menagihkan klaim di luar paket persalinan.

Bayi harus didaftarkan sebagai peserta, apabila terdaftar dari PBPU/Mandiri bisa mendaftarkan calon bayi pada saat masih dalam kandungan dan apabila terdaftar dari PPU atau PBI didaftarkan setelah bayi lahir diberikan waktu 3 x 24 jam.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. jadi gimna ini di tanggung apa engga ya ? soalnya percuma kalau saya bayar tapi ketentuan di cabut . saya ka mau melhairkan 2bulan lagi . mohon dong infonya

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.