Penyebab dan Gelaja Wasir

penyebab ambeien

Wasir atau Ambeien merupakan sebuah gangguan kesehatan dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus / rektum bagian bawah (anorektal). Kondisi seperti ini hampir serupa dengan varises yang terjadi pada pembuluh darah kaki.

Ada 2 jenis ambeien yang berbeda bergabung dari letaknya.

Apabila pembengkak terjadi cukup jauh didalam rektum itu disebut ambeiun interna, biasanya penderita tidak merasakan sakit. Tanda yang dapat dikenali untuk jenis ambeien ini adalah terjadi pendaraah pada saat buah air besar.

Sedangkan untuk ambeien yang terjadi dibawah kulit sekitar anus dinamakan Ambeien eksterna, ketika mengalami kondisi ini akan ada gejala seperti gatal, sakit, nyeri disekitar anus.

Angka penderita ambeien di seluruh dunia mencapai 54%, sedangkan untuk penderita ambeien di Indonesia diperkirakan mencapai 5,7% atau sekitar 10 juta pasien.

Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Ambeien.

Seseorang yang menderita penyakit ambeien akan timbul beberapa bentuk gejala, maka dari itu kita akan mengenali melalui ciri-cirinya, adapun penjelasannya sebagai berikut :

1. Ambeien Interna 

  • Fase 1 : Terjadi perdarahan dan tidak ada rasa sakit, darah yang keluar berwarna merah dan tidak bercampur dengan fases, adanya tonjolan yang ditemukan ketika menggunakan proktoskopi.
  • Fase 2 : Tonjolan akan keluar pada saat buang air besar, dan kemudian setelah selesai buang air besar, tonjolan tersebut akan masuk sendiri.
  • Fase 3 : Tonjolan yang keluar tidak dapat masuk lagi dengan sendirinya, maka harus dibantu dengan tangan agar dapat masuk kembali.
  • Fase 4 : Tonjolan yang keluar sudah tidak dapat dimasukkan kembali meski didorong secara manual. Pada derajat ini, biasanya akan disertai dengan infeksi dan perlingkaran anus.

2. Ambeien Eksterna

Ambeien yang sudah akut dapat ditandai adanya pembengkakan bulan kebiruan pada pinggir anus dan akan terasa nyeri, sakit dan gatal. terkadang juga akan ditandai dengan keluarnya mucus atau feses pada saat buang angin.

Penyebab Ambeien atau Wasir pada Seseorang

Wasir dapat dialami oleh siapa saja dan tentu ada penyebabnya, beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi pada anda adalah sebagai berikut :

  1. Sering menahan buang air besar
  2. Mengejan terlalu saat BAB
  3. Berhubungan melalui Lubang Anus
  4. Sedang Hamil
  5. Terlalu sering membawa beban
  6. Sering duduk dalam waktu yang lama
  7. Faktor Usia yang sudah Tua

Agar anda terhindar dari penyakit wasir maka anda perlu mengkonsumsi makanan berserat yang banyak setiap hari, seperti buah, sayur atau lainnya. Pastikan anda minum air putih yang cukup paling tidak 8 gelas dalam sehari. Hindari duduk dalam waktu yang lama dan Jangan lupa untuk selalu berolahraga.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.