Tips Mencegah Biaya Tambahan Obat

Biaya Tambahan Obat

Peserta BPJS yang sedang sakit maka bisa menggunakan kartu BPJS untuk berobat ke Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit. Hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan, asalkan peserta memenuhi syarat dan ketentuan berlaku, serta mengikuti prosedur berobat yang telah ditetapkan.

Prosedur berobat yang harus diikuti Peserta yaitu peserta harus berobat terlebih dahulu ke faskes 1 yang tertera pada kartu peserta, jika dalam keadaan darurat maka peserta diperboleh kan langsung ke rumah sakit. Syarat yang harus dibawa saat ingin berobat yaitu membawa KTP, KK dan Kartu BPJS.

Perlu diketahui bahwa faskes wajib memberikan pelayanan pertama kepada peserta BPJS Kesehatan dan tidak boleh menarik biaya tambahan kepada peserta BPJS. Begitu halnya biaya tambahan pada Obat, pokoknya peserta BPJS yang berobat akan ditanggung BPJS sesuai dengan ketentuan.

Tips Mencegah Biaya Tambahan Obat 

Terkadang ada pasien BPJS yang bingung, katanya ditanggung BPJS tapi kok saat nebus Obat disuruh bayar? Maka dari itu berikut ini adalah tips agar anda tidak dikenakan biaya tambahan pada obat,

  • Sejak Awal sebaiknya anda minta obat yang dijamin JKN
  • Apabila ada obat yang diberikan tidak ditanggung JKN maka anda dapat berkonsultasi dengan BPJS Center terlebih dahulu sebelum membeli.
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.