Iuran Tak Dibayar, Apakah Harus Daftar Ulang?

Daftar Ulang BPJS Kesehatan

Sesuai dengan peraturan Pemerintah bahwa kita semua diwajibkan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pendaftaran bpjs bisa melalui beberapa jalur pendaftaran yaitu melalui jalur peserta mandiri, melalui perusahaan atau melalui pemerintah daerah atau disebut sebagai peserta PBI.

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan maka kita akan mendapatkan fasilitas dan layanan kesehatan ketika sakit. Peserta memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulan dengan besar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih, untuk kelas 1 iurannya Rp80.000, kelas 2 iurannya Rp51.000 dan kelas 3 iurannya Rp25.5000.

Sedangkan khusus untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) tidak perlu membayar iuran bulanan, karena iuran akan dibayarkan oleh Pemerintah atau Dinas Sosial, dan kepesertaan untuk PBi adalah di kelas 3.

Apabila para peserta tidak membayar iuran bpjs maka statusnya akan di nonaktifkan atau akan dihentikan sehingga peserta yang bersangkutan tidak bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat. Tagihan harus dibayar segera mungkin untuk bisa menggunakan kembali kartu bpjs.

Peserta tidak bisa mendaftar ulang dengan kartu bpjs dan nomor anggota yang baru, dengan begitu maka peserta yang memiliki tagihan dan ingin bisa menggunakan kartu bpjs nya lagi maka harus membayar tagihan sesuai bulan yang belum dibayar. Apabila anda telat bayar 3 bulan maka bayar tagihan nya 3 bulan.

Baca Juga : Denda terlambat Bayar Iuran

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...



loading...

Leave a Reply