9 Cara mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Pengobatan Rumahan

Bagian tubuh yang sering terjadi masalah ketika seseorang kekurangan Vitamin C dan kekurangan cairan (dehidrasi) yaitu Bibir Kering dan Pecah-pecah. Selain itu ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat bibir pecah-pecah seperti cuaca dan luka.

Kami disini akan memberikan beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan pengobatan rumahan, sehingga dapat anda lakukan dengan mudah di rumah dan dapat menghemat biaya pengobatan bila dibandingkan pergi ke rumah sakit, tapi ketika penanganan ini sudah dilakukan tapi tidak segera sembuh maka anda bisa pergi ke dokter.

Ada 9 cara yang telah kami rangkum dan bisa anda coba dirumah untuk merawat bibir anda kembali lembut dan normal kembali, dengan begitu anda akan menjadi lebih bebas beraktifitas sebagaimana biasanya. 

Mengatasi Bibir Pecah Pecah
Mengatasi Bibir Pecah Pecah

1. Minum air putih yang banyak.

Bibir pecah-pecah dapat disebabkan karena anda mengalami dehidrasi / kekurangan cairan maka dari itu disarankan untuk minum air putih yang banyak, kebutuhan ideal kita yaitu minum 8-10 gelas air putih setiap hari, semakin banyak minum air putih maka semakin baik, selain itu juga dapat membantu proses peredaran darah.

2. Jangan menjilati atau menggigiti bibir.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah “menjilati dan menggiti bibir”, jika anda memiliki kebiasaan seperti ini maka sebaiknya dihentikan. Karena dapat memicu infeksi, apalagi ketika bibir mengalami pecah-pecah.

3. Lakukan pengelupasan pada bibir.

Anda bisa mengelupas bibir yang sudah mati, tentunya bukan menggunakan tangan atau gigi, anda bisa menggunakan ramuan pengelupasan dari garam atau gula, gosok dengan lembut dengan gerakan memutar. Pengelupasan ini akan membuat kulit bibir menjadi segar dan bibir menjadi pulih. (jangan pakai skrub).

4. Bubuhkan salep.

Anda bisa menggunakan salep pelembab khusus untuk bibir pecah-pecah, dapatkan salep diapotik terdekat (anda perlu berhati2 dengan penggunaan salep yang terjual bebas). Carilah pelembab yang mengandung lilin lebah, minyak almond, shea butter yang tidak mengandung bahan kimia. (hindari penggunaan lipstik)

5. Bubuhkan minyak.

Anda bisa membubuhkan minyak untuk mencegah bibir pecah-pecah, minyak yang bisa membantu anda seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, minyak jojoba. Minyak ini akan membuat bibir menjadi lebih lembab dan lembut.

6. Redakan rasa perih pada bibir.

Jika keadaan bibir pecah-pecah anda parah, ketika tersenyum terasa sakit, maka anda bisa meredakannya dengan cara menggosokan mentimun atau lidah buaya, atau mau ke bibir yang pecah. Hal ini akan membuat bibir anda menjadi lebih baik.

7. Hindari produk perawatan kulit

Boleh saja anda menggunakan produk perawatan kulit namun jangan gunakan secara berlebihan, karena pelembab kulit dari kosmetik mengandung beberapa zat yang bisa membuat bibir anda kering. Maka dari itu lebih baik hindari produk perawatan kulit secara berlebihan.

8. Gunakan pasta gigi bebas fluorida.

Bagi sebagian orang fluorida dapat menjadi penyebab bibir anda pecah-pecah (apabila alergi), bahkan dapat menyebabkan iritasi pada mulut. Maka disarankan untuk mengganti pasta gigi anda dengan pasta gigi yang bebas dari fluorida. (lihat dalam kemasan).

9. Gunakan humidifier (alat untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan) di rumah atau kantor. Ruang di dalam rumah yang diberi pemanas saat musim dingin menyebabkan udara menjadi kering. Cobalah pasang sebuah humidifier. Alat ini melembapkan udara di dalam ruangan sehingga bibir juga menjadi lembap.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bibir pecah-pecah yang sedang anda alami dapat segera sembuh dan bibir anda kembali menjadi lebih baik dan normal. Bibir pecah-pecah memang sangat menggangu aktifitas kita sehari-hari, maka dari itu jagalah bibir anda dengan banyak mengkonsumsi buah dan air.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.