Mendaftarkan Orangtua Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Daftar BPJS untuk Orangtua

Apabila anda memiliki orangtua yang sudah memasuki usia lanjut, tentu secara ekonomi sudah tidak produktif lagi maka dari itu giliran anak yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga mereka dan memenuhi kebutuhan hidupnya sebagaimana orangtua yang telah mencukupi kebutuhan anaknya saat masih kecil.

Tak terkecuali masalah kesehatannnya, sebagai anak anda juga harus memperhatikan kesehatan orangtua bagaimana orangtua anda tetap sehat, dan dikala sakit bisa berobat sebagaimana mestinya. Anda juga bisa mendaftarkan orangtua anda menjadi peserta BPJS, yang tentunya iuran peserta menjadi tanggung jawab anda.

Jika anda ingin mendaftarkan orangtua anda menjadi peserta BPJS anda bisa memasukan orangtua anda kedalam kartu keluarga anda. Selanjutnya anda bisa mendaftarkan orangtua anda menjadi peserta BPJS, anda bisa memasukannya menjadi peserta PPU atau Peserta Mandiri.

1. Menjadi Peserta Tanggungan Perusahaan

Menjadi peserta PPU tentunya anda harus mengajukan ke pihak perusahaan (kebagian terkait pengurusan BPJS biasanya HRD), anda dapat meminta untuk menambahkan orangtua anda agar tercover BPJS Kesehatan. Disitu nanti anda akan diminta untuk memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan.

2. Menjadi Peserta Mandiri 

Jika anda ingin mendaftarkan orangtua anda menjadi peserta BPJS maka orangtua anda harus masuk kedalam KK anda, bisa saja menggunakan KK orangtua anda sendiri yang kemudian iurannya anda bayarkan setiap bulan. Tapi untuk lebih mudahnya, lebih baik masuk kedalam KK anda, jadi ketika anda bayar iuran maka secara otomatis tagihan iuran orangtua masuk kedalam tagihan anda.

Berikut Dokumen lengkapnya yang perlu dipersiapkan.

  • Foto Copy KK
  • Foto Copy KTP
  • Foto ukuran 3×4 masing – masing 2 Lembar.
  • Foto Copy Slip Gaji Anda yang di legalisir
  • Kartu BPJS Kesehatan peserta (anda).
  • Surat Keterangan Perusahaan Yang Menyatakan bahwa Kedua Orang tua tersebut akan menjadi tanggungan peserta, jika orangtua anda akan didaftarkan menjadi tanggungan perusahaan.

Setelah orangtua anda terdaftar menjadi peserta BPJS maka orangtua anda akan mendapat kartu BPJS dengan nama mereka yang bisa digunakan untuk berobat disaat sakit. Tapi kita doakan semoa orangtua anda selalu diberikan kesehatan.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

2 COMMENTS

  1. peserta PPU yg belum menikah bisa menambahkan anggota keluarga seperti orang tua ( ayah dan ibu). namum penambahan nya tdk bisa via e-dabu. harus ke kantor bpjs. rata2 HRD perusahaan meng-akses tambah/pengurangan peserta via e-dabu. jd jelas utk peserta yg belum menikah, sistem menolak untuk menambahkan keluarga. mudah-mudahan bisa membantu.

  2. mohon infonya,
    bagaimana kalau pserta ppu status nya belum kawin?
    karena pihak HRD mngatakan kalau pserta ppu status belum kawin tidak bisa menambahkan anggota keluarga.

    terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.