Apakah daftar bpjs harus semua anggota keluarga?

Setiap warga negara wajib mendaftar menjadi peserta BPJS, apabila tidak mendaftar nanti akan dikenakan sanksi yaitu tidak bisa menggunakan pelayanan publik seperti membuat sim, membayar pajak, pembuatan paspor dll. Ada pertanyaan masuk kepada kami, apakah daftar bpjs harus semua anggota keluarga?

Sebenarnya kami sudah pernah menjelaskan mengenai topik ini di halaman situs panduanbpjs.com , tapi mungkin belum membaca info tersebut sehingga kembali bertanya dengan topik yang pernah kami bahas sebelumnya. Tapi tak apa, disini akan menjawab pertanyaan yang anda tanyakan sesuai dengan judul postingan ini.

Daftar BPJS 1 Keluarga

If you ask about that, maka kami menjawab : Pendaftaran BPJS Kesehatan saat ini memang harus dilakukan secara kolektif yaitu dengan mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang ada didalam 1 Kartu Keluarga, tidak boleh hanya salah satu , baik itu mendaftar secara online atau datang langsung ke kantor BPJS.

Setiap peserta memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya, besarnya iuran bergantung pada kelas yang diambil dan dalam 1 kartu keluarga semua harus menggunakan kelas yang sama, misal : Kepala keluarga memilih kelas 2 maka seluruh anggota keluarganya akan terdaftar di kelas 2 begitu juga dengan faskes 1 yang digunakan.

Apabila salah satu anggota keluarga terlambat membayar iuran maka secara otomatis status peserta akan dihentikan sementara sampai tunggakan iuran yang belum dibayar dilunasi. Pembayaran iuran juga dilakukan secara kolektif (bersama sama) tidak bisa salah satu saja. Kartu BPJS Kesehatan akan kembali aktif setelah peserta melunasinya dan bisa digunakan kembali.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Begini..saya mau mendaftarkan bpjs ibu saya krna saya punya kartu dri perusahan kira2 bisa g….

Tinggalkan Komentar