Scaling Gigi dengan BPJS hanya bisa 1 Tahun Sekali

Scaling Gigi dengan BPJS

Hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan termasuk perawatan gigi untuk Scaling GigiScaling Gigi adalah proses pembersihan karang gigi / kerak-kerak yang menempel pada gigi, karang gigi muncul karena kurangnya menjaga kebersihan (seperti : menggosok gigi setelah makan).

Pembersihan karang gigi biaya nya sekitar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu, itupun tergantung masing – masing faskes daerah, tapi dengan memiliki kartu BPJS anda tidak perlu membayar biaya tersebut. Pertanggungan ini sudah masuk dalam Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1),

Bagi peserta BPJS yang telah memiliki kartu aktif maka bisa menggunakannya untuk melakukan perawatan gigi, apabila gigi anda ada karang maka bisa dibersihkan ke faskes 1 yang memiliki layanan kesehatan gigi. Untuk melakukan scaling gigi atau pembersihkan karang gigi tidak perlu harus ada indikasi medis.

Karena yang jelas, apabila karang gigi tidak dibersihkan maka akan menyebabkan sakit gigi dan gusi. Untuk itu jika anda sudah memiliki kartu BPJS maka anda bisa memanfaatkannya. BPJS akan menanggung biaya scaling gigi, namun perlu diketahui Peserta BPJS Kesehatan dijaminkan SCALING HANYA 1 TAHUN SEKALI dan tidak mesti indikasi gawat darurat.

Dengan adanya scaling gigi dengan BPJS, maka peserta BPJS akan menjadi lebih bersih dan sehat. Oiya, Apabila peserta BPJS dipersulit untuk melakukan scaling padahal sudah memenuhi prosedur maka anda bisa melaporkan faskes tersebut ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


3 COMMENTS

  1. Gimana cara mendaftarkan istri yg baru hamil 3 bulan namun BPJS kesehatan saya belum aktif padahal pemotongan gaji perbulan sudah ada tolong solusinya

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.