Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

scaling gigi di puskesmas

Karang gigi adalah sebuah kotoran dari sisa-sisa makanan yang kita kunyah yang sudah mengerak sehingga membersihkannya tidak cukup menggunakan sikat gigi, tapi kita harus pergi ke puskesmas untuk melakukan scaling gigi.

Scaling gigiĀ merupakan poli kesehatan gigi untuk membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi-gigi kita terutama pada gigi yang tidak digunakan untuk mengunyah makanan, karang gigi akan banyak menempel pada gigi tersebut.

Membersihkan karang gigi tidak boleh sembarangan, jangan melakukan sendiri menggunakan besi-besi yang tidak steril karena akan berdampak buruk pada kesehatan gigi dan gusi anda, untuk itu kita perlu pergi ke puskesmas.

Sebenarnya bukan hanya puskesmas saja yang melayani scaling gigi atau membersihkan karang gigi, anda juga bisa pergi ke klinik, rumah sakit, atau dokter gigi, tapi biasanya biayanya lebih mahal dibandingkan di puskesmas.

Jika anda ingin membersihkan karang gigi maka kami sarankan untuk pergi ke puskesmas saja, karena biaya lebih murah, bahkan anda bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan akan memberikan jaminan untuk membersihkan karang gigi dengan ketentuan 1 tahun sekali.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Jika anda tidak memiliki kartu BPJS dan ingin membersihkan karang gigi di puskesmas maka biaya yang harus anda keluarkan sekitar Rp100.000-Rp150.000.

Membersihkan karang gigi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk rahang atas dan raham bawah. Kita akan merasakan sedikit linu-linu pada saat karang dibersihkan, bahkan sesekali akan berdarah karena menyentuh gusi.

Setelah karang gigi di bersihkan maka kita akan merasakan lebih fresh dan lebih percaya diri. Permukaan gigi akan terasa kasar ketika disentuh dengan lidah, itu artinya karang gigi yang licin sudah hilang.

Setelah dibersihkan, jagalah kebersihan gigi lebih maksimal lagi. Selalu gosok gigi setelah makan. Dan poli gigi menyarankan kepada pasien untuk mengontrol dan membersihkan gigi paling lama 4 bulan sekali. Itu artinya dalam setahun kita harus membersihkan karang gigi sebanyak 3 kali.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI