Apakah Pembersihan Karang Gigi ditanggung BPJS Kesehatan ?

Dari sekian banyak peserta BPJS yang terdaftar, banyak yang mengalami masalah kesehatan tentang gigi, dimana banyak yang bertanya apakah ketika berobat kepuskesmas atau rumah sakit dan hendak membersihkan karang gigi, apakah semua itu ditanggung BPJS?

Jawab nya sama seperti sakit yang lainnya, ketika memang hal itu terdapat indikasi medis maka BPJS akan menanggung biayanya. Misal ketika anda mengalami sakit gusi berdarah atau sebagainya yang mengharuskan membersihkan karang gigi.

Bahaya Karang Gigi

Bahaya Karang Gigi

Menurut surat edaran dari BPJS untuk faskes 1 mengenai pembersihan karang gigi, menyatakan bahwa “pembersihan karang gigi di tanggung BPJS Kesehatan” dengan catatan berlaku 1 kali dalam setahun. Karena pasalnya pembersihan karang gigi perlu dilakukan, karena jika tidak akan menyebabkan dampak yang lainnya.

Ketika karanng gigi tidak segera dibersihkan, khususnya bagi yang sudah parah maka akan menimbulkan radang gusi, gigi goyang, bahkan gigi lepas. Maka dari itu pembersih karang gigi dapat dilakukan di faskes 1 walaupun tidak mengalami keluhan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya syaratnya hanya dapat dilakukan 1 kali dalam 1 tahun.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Apakah operasi katarak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.?
    Bagaimana kalo dokter meminta pembyaran utk lensa katarak, dimana pembyaran lgs kr dokter tidak melalui kasir RS?

Leave a Reply