Perawatan Gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan

Perawatan Gigi

Sekarang ini, mudah sekali seseorang terserang penyakit, tubuhnya mengalami gangguan kesehatan karena pola hidup yang tidak sehat mulai dari malas berolahraga, makanan-makanan yang tidak sehat. Sehingga berbagai penyakit dapat mengancam siapa saja.

Hampir semua jenis penyakit atau gangguan kesehatan ditanggung BPJS Kesehatan, maka dari itu tidak ada ruginya untuk bergabung menjadi peserta BPJS. Ketika anda sakit maka anda dapat berobat dan menjalani perawatan menggunakan kartu BPJS, semua biaya akan ditanggung sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu layanan yang diberikan BPJS untuk para peserta yaitu perawatan gigi, Benar sekali, BPJS akan menjamil biaya pelayanan kesehatan gigi selama peserta mengikuti prosedur yang berlaku serta tindakan medis sesuai dengan indikasi medis. Layanan ini tertulis dalam peraturan BPJS Kesehatan nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1, tentang pelayanan kesehatan gigi .

Perawatan Gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan meliputi :

  1. administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.
  2. pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.
  3. pre-medikasi.
  4. kegawatdaruratan ortodental
  5. pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi).
  6. pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  7. obat pasca ekstraksi
  8. tumpatan komposit / GIC
  9. scaling gigi (pembersihan karang gigi)

Dengan layanan ini maka semua peserta akan dapat hidup menjadi lebih sehat dan lebih baik, terutama dalam hal masalah kesehatan gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi harus dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan rajin membersihkan gigi (menggosok gigi) sehabis makan dan sebelum tidur, dan juga memperhatikan makanan yang dimakan.

Hindari makan makanan yang dapat merusak dan mengkeroposkan gigi seperti cuka, permen, minuman asam, mengunyah es langsung, terlalu sering minum kopi dan lain-lain. Bilapun anda makan maka segera bersihkan gigi sehabis mengkonsumsi makanan tersebut untuk mencegah terjadinya keropos pada gigi.

Baca Juga : 2 Jenis Penambalan Gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.