Ibu Melahirkan Bayi Kembar 5 , Biaya NICU ditanggung BPJS Kesehatan

Kabar dari Jakarta pada tanggal 10 Januari 2016 lalu, seorang Ibu yang merupakan pasangan antara Habibie (30) dan Lely (32) yang tinggal di Cirebon melahirkan Bayi Kembar 5 (lima). Kelima bayi kembar dilahirkan dengan selamat, semua bayi dimasukan ke ruang NICU untuk perawatan selanjutnya hingga kondisinya stabil.

Sambil menunggu perawatan lima bayi nya yang masuk perawatan NICU, Lely sebagai Ibunya diperbolehkan untuk pulang. Untungnya Lely dan Habibie telah mendaftarkan lima bayi nya sebelum melahirkan, sejak dalam kehamilan usia 5 bulan.

Ibu Melahirkan 5 Bayi Kembar

Ibu Melahirkan 5 Bayi Kembar

Hal yang tidak dibayangkan adalah berapa kira – kira biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya NICU untuk Lima Bayi nya jika mereka tidak mendaftarkan menjadi peserta BPJS ? tentu akan mahal sekali dan membutuhkan uang yang banyak untuk biaya perawatan NICU.

Habibie dan Istrinya telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan  sejak tahun 2014 dengan kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri. Kemudian sebelum istri melahirkan dan mengetahui bahwa istrinya memiliki 5 bayi kembar, habibie juga mendaftarkan calon bayi yang masih ada didalam kandungan.

Ibu Lahirkan Bayi Kembar Lima

Ibu Lahirkan Bayi Kembar Lima

Penanganan kelahiran lima bayi prematur tersebut dilakukan di RSAB Harapan Kita Jakarta sebagai rumah sakit rujukan. Hingga akhirnya kelima bayi kembar yang dilahirkan Lely berhasil di lahirkan dengan selamat.

Sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015, khusus untuk pendaftaran bagi bayi yang akan dilahirkan peserta, dapat didaftarkan sejak terdeteksi adanya denyut jantung bayi dalam kandungan, yang dibuktikan dengan melampirkan keterangan dokter…

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply