Penyebab Kesemutan pada Tangan dan Kaki

Kesemutan pada tangan dan kaki
Kesemutan pada tangan dan kaki

Kesemutan pada tangan dan kaki

Kesemutan disebut djuga dengan mati rasa sementara, kondisi ini sering terjadi pada area tangan dan kaki ketika tertindih dengan waktu yang lama. Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya kesemutan, tapi apabila anda sering mengalami kesemutan maka anda perlu waspada akan penyakit yang sedang mengancam anda.

Kesemutan yang di alami setiap orang berbeda-beda, ada yang kesemutan hanya 1 tangan, ada yang kesemutan 2 tangan, ada yang kesemutan di bagian kaki, kesemutan dalam waktu yang lama, kesemutan yang sering, kesemutan yang jarang-jarang.

Terjadinya kesemutan pada seseorang disebabkan oleh beberapa faktor, faktor yang paling mendasar adalah adanya gangguan kesehatan dalam tubuh kita, adakalanya itu berbahaya, ada kalanya itu wajar terjadi. Maka dari itu kami mengajak anda untuk mengenal penyebab kesemutan yang sering terjadi pada tangan atau kaki anda.

Penyebab Tangan dan Kaki Kesemutan

Terjadi nya kesemutan ada hubungannya dengan gangguan syaraf yang ada di bagian tertentu, maka dari itu ketika seseorang mengalami kesemutan maka akan merasakan keluhan laih seperti nyeri, sakit, lemah, dll. Anda dapat perhatikan, kesemutan yang anda alami itu dalam waktu yang lama atau sesaat saja.

Kesemutan sesaat : biasanya terjadi karena gangguan aliran darah yang menyuplai oksigen ke syaraf tangan dan kaki, hal ini sering terjadi ketika seseorang sedang tidur miring dengan beralaskan tangan kanan atau kiri, dan pada saat duduk bersila. Kondisi sepertti ini akan hilang dengan sendirinya ketika terbebas dari tindihan.

Kesemutan yang berlangsung lama : Apabila anda mengalami kesemutan dalam waktu yang lama ada beberapa hal yang perlu di waspadai, karena kondisi seperti ini ada kaitannya dengan penyakit atau gangguan medis lainnya. Seperti : adanya syarat yang terjepit, adanya cidera syaraf di kaki atau tangan, tumor otak atau stroke.

Penyebab umum terjadinya kesemutan pada tangan dan kaki :

Seperti yang informasi yang kami kutip dari halaman  prevention.com , penyebab paling umum terjadinya kesemutan adalah sebagai berikut :

  • Adanya Syaraf yang terjepit : Kesemutan terjadi karena adanya salah satu syarat yang terjepit (biasanya area leher dan punggung), syarat terjepit terjadi karena salah tidur, salah posisi duduk, cidera karena terjatuh, sering patah-patahkan sendi, postur tubuh yang buruk
  • Kekurangan Vitamin : Kekurangan vitamin dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kesemutan. Vitamin yang dibutuhkan yaitu Vitamin E, B1, B6 dan B12, tak hanya kesemutan saja tapi akan menyebabkan lelah lesu dan rentan terserang penyakit. Maka dari itu anda perlu banyak mengkonsumsi sayur dan buah.
  • Resiko Diabetes : Kesemutan pada kaki atau tangan juga bisa disebabkan karena kadar gula anda yang terlalu tinggi (resiko diabetes). Jika anda mengalami kesemutan terus menerus, maka alangkah baik nya untuk memeriksakan diri kedokter untuk cek kadar gula dan pastikan mendapatkan obat untuk mencegak resiko diabetes, jika ini terus dibiarkan akan berdampak pada stroke juga.
  • Terlalu sering mengetik dan duduk didepan kaca komputer : Sekarang ini aktivitas kerja terutama yang bekerja di kantoran, akan berhadapan langsung dengan komputer. Rutinitas ini jika tidak diimbangi dengan olah raga maka akan menyebabkan kesemutan pada bagian tangan, leher, bahu dan kaki.
  • Penyakit sistemik : Ini merupakan penyakit karena gangguan ginjal, penyakti hati, dan adanya kerusakan dalam pembuluh darah, terjadinya peradangan kronis, dan bisa juga terjadi karena adanya kanker dan tumor yang menimpa pada syaraf-syaraf disekitarnya.

Baca Juga : 5 Jenis Penyakit di Balik Kesemutan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Be the first to comment

Leave a Reply