Tanya Jawab tentang BPJS Kesehatan

Tanya Jawab – BPJS Kesehatan merupakan fasilitas dan layanan jaminan sosial dari Pemerintah, memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang sedang sakit. Mungkin saja ada pertanyaan mengenai layanan bpjs maka anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui Komentar.

85 Comments

  1. Tgl 10 sept saya bayar tunggakan BPJS ayah dan ibu saya telat 23 bulan, sebesar 1,4 jt. Kebetulan saya bayar d Indomaret setelah kontak dengan pihak BPJS. Besok harinya saya cek di BPJS online kartu BPJS aktif tapi dalam masa denda 45 hari..pd tanggal 14 sept saya iseng cek BPJS online ayah saya..ternyata status dalam tidak aktif truz ada tagihan 1,2 jt. Padahal selama pembayaran kartu BPJS tidak dipakai. Koq bisa kaya begini tolong penjelasannya.

  2. Pada saat mendaftar dulu sudah mengisi faskes untuk dokter gigi, tapi kenapa saat saya mau priksa gigi dibilang belum terdaftar. Karena kuota dokter yang saya pilih dahulu sudah penuh, maka saya memilih faskes baru tetapi saat saya priksa mendapat perlakuan buruk. Sudah 1 minggu dari pergantian faskes, apakah saya bisa pindah lagi karena perlakuan buruk yang saya dapatkan ini?

  3. Admin saya mau tanya.
    Ibu saya sdah mninggal 30-09-2015,Saya sudah menonaktifkan & membayar tunggakan Bpjs ibu saya pd bulan 28-06-2016 sbsar Rp.723.140. Ttapi pd bulan 09 ini saat saya mau bayar punya bpak saya, muncul lagi tagihan ibu saya sbsar Rp.723.140. Saya sudah konfir ke kantor bpjs stmpat, tpi mreka juga kbingungan. Mohon Solusi nya.

  4. Saya peserta BPJS, kl saya mau operasi hemorrhoid di RS. Evasari dgn sistem stepler apa ditanggung oleh BPJS.. kalaupun tdk semua yg di cover BPJS itu apa saja?

  5. Ass. Selamat malam. Saya malam ini coba membayar tagihan bpjs kesehatan.
    Biasanya saya membayar sesuai dengan harga yang telah ditentukan untuk kelas 3. Nah malam ini saya terlambat 2 hari dan jumlah tagihannya sebesar 127 ribu. Emangnya kalau terlambat 2 hari bisa segitu dendanya
    Udah sampe 300% dari tagihan normal. Mohon penjelasannya

  6. Pada tgl 10 sep 2016 saya bayar bpjs di indomart 1 kk jum
    lah 4org, karena ketidaktahuan sistem pembayaran yg baru maka ada kelebihan byr iuran 3 bln kedepan, apakah kelebihan bisa utk bln berikutnya, karena sy cek status bpjs aktif hanya per tgl 10 sep 2016 saja
    Trimakasih

  7. Pada tgl 10 sep 2016 saya bayar bpjs di indomart 1 kk jumlah 4org, karena ketidaktahuan sistem pembayaran yg baru maka ada kelebihan byr iuran 3 bln kedepan, apakah kelebihan bisa utk bln berikutnya, karena sy cek status bpjs aktif hanya per tgl 10 sep 2016 saja
    Trimakasih

    • Saya dan suami pns. Sekarang kehamilan anak ketiga. Mempunyai riwayat operasi Caesar pada persalinan pertama dan kedua. Apakah yang ketiga masih ditanggung oleh BPJS?

  8. Saya sudah mendaftarkan Calon bayi saya di bulan Juni 2016 dengan perkiraan lahir di bulan September 2016 dan sudah memperoleh account number. Saya dapat info bahwa iuran pertama Calon bayi dibayarkan setelah dilahirkan tapi kenapa di bulan September 2016 ini saat saya akan menbayar muncul tagihan selama 4bulan yaitu dari Juni s/d September 2016. Mohon penjelasannya.

  9. Saya heran mengapa BPJS mengeluarkan aturan baru dalam pembayaran bpjs. Aturan pembayaran sesuai kartu keluarga sangat tidak efektif. Apabila anggota keluarga ada yang kuliah atau kerja di luar negeri tidak lucu kita tiap bulan membayar iuran bpjs tetapi mereka tidak dapat menggunakan nya. Dalam hal ini apakah bpjs mengkaji aturan baru ini sebelum di berlakukan? Kenapa bpjs tidak ada sosialisasi kepada rakyat atau masyarakat?

  10. Saya mau tanya. Kalau mau ngurus bpjs yang kelebihan satu hruf nama harus kmna ya. Soalnya saya lamar kerja dicntumin bpjs kesehatan sedangkan bpjs kesehatan saya kelebihan huruf. Dan perkiraan biaya untuk pembenaran nama yang salah di bpjs berapa ya ? Tolong dibalas. Karena sangat pentin . Terima kasih

  11. Assalamu’alaikum wr.wb sy mau tanya kpd pihak bpjs knp ko bisa ya , wktu pendaftaran awal sy tunjuk di klinik “A” tp knp ko skrg di ubah ke puskesmas setempat ya , yg sy heran knp ko bisa ya pihak bpjs mengubah tanpa ada pemberitahuan sebelumnya , makasih

    • @Azis Sahroni : Anda bisa minta kejelasan ke kantor BPJS Kesehatan…. Dalam memilih faskes disarankan untuk memilih faskes terdekat… Kami sarankan anda datang ke kantor bpjs jika ini memberatkan anda.

  12. Bisa kasih Info nya, saya baru bikin bpjs bulan agustus kemarin dan sudah bayar bersama punya suami saya, lalu bulan september ini kemarin tgl 05 sudah bayar tapi koh bayar nya saya double saya ikut kelas 3 harus nya total semua 53rb udah sama biaya admin koh saya suruh bayar 106 rb+biaya admin saya tidak telat bayar.. Saya bayar di kantor pos baru… Pagawai yg menangani mengetik no virtual saya dan suami saya.. Apakah nanti itu bisa buat bulan berikut ny.?

  13. saya mau tanya admin,,, nama saya trdaftar di tempat is3 saya bekerja,,, di karenakan is3 saya tidak bekrja lagi,, saya mau pindah datanya k tmpat saya bkerja biar pembiayaan melalui tmpat saya bkerja,,, yg buat saya bingung kartu peserta saya hilang,, no nik pun tidak tau,,, jadi pas saya buat lagi d kantor saya,, tidak bisa dikatenakan tlah trdaftar,, gimna ya admin cara mengetahui no saya agar saya bisa buat ulang lago melalui no nik saya tersebut mkash

  14. kemarin saya mau bayar iuran bpjs bulanan sprt biasa.. pertama saya masukan no bpjs pny ayah sy berhasil namun kaget krn hanya melihat nominalnya yg berubah dari 25.500 menjadi 76.500. sy blm ngeuh kl pada struk bukti pembayaran tercantum jumlah peserta. sy lanjutkan pembayaran utk ibu saya… beberapa kali sy cb di data muncul no pny ayah sy trs…sehingga tdk sy lanjutkan.
    barusan sy cek pd struk pembayaran ternyata ada ” jumlah peserta : 3 “.
    apakah mulai skrg 3 peserta jadi menginduk pada 1 no saja? dalam hal ini ayah sy. ? saat nanti akan berobat udah scr otomatis ayah, ibu dan adik sy sudah terdata ” membayar ” ? bulan agustus masih per perserta. namun bulan september sudah berubah sprt ini.

  15. Selamat siang, saya mau tanya, saya ikut yg kls 1..slama ni saya rutin membayar tagihan bpjs tiap bln sblm tgl 10. Tp pas saya mau byar untuk bln september, napa saya cek tagihan saya jd 160rb,bs tlong dbntu ya..ada apaa ini

      • Selamat sore…. maaf saya sebelumnya tidak pernah telat dalam membayar bpjs, di KK ibu saya ada 5 peserta, waktu saya mau bayar kemarin yg biasanya 1 orang cm 51rb kok munculnya malah 178.500 ya ? Jika saya masukkan salah satu nama lalu saya membayar sebesar itu apa yg lainnya juga sudah terbayarkan ? Soalnya ada tulisa 178.500 (iuran 5 pst ), maksudnya gmn ya ? Mhon kejelasannya.
        terimakasih

  16. Anggota keluarga ak da 6 org…..bapak dan 2 adik ak da tunggakan 6 bulan……
    Trus ak cek di internet klu bpjs ak aktif sedangkan punya bapak n 2 adik ak nonaktif….
    Apa itu berarti ak bs gunakan bpjs untuk berobat……?

  17. Saya mau tanya, saya membayar iyuran bpjs kesehatan setiap bulan tidak pernah nunggak. Tp kenapa saat utk bulan ini saya mau bayar jadi jumlahnya 100 rb lebih yaa? Padahal saya milih kelas 3 yg hanya bayar 25 rb per bulannya.
    Itu kenapa bisa bertambah gitu ya?

  18. Saya bayar iuran bpjs kesehatan telat 2 bulan pas mau bayar ko tagihannya jadi 4 bulan ???? Di struk ada keterangan PST:2 dan apa maksudnya???

  19. Assalamualaikum, saya seorang pns, mengikut sertakan kedua ortu dlm bpjs kesehatan, sebelum nya saya dpt potongan 50% krn memasukkan kedua orangtua dlm tanggungan, tetapi sejak bulan agustus dan sekarang tati hanya menjadi 100%,apakah aturan tsb sdh berubah?

  20. Anda memasuki masa denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut ( RITL) mulai tgl…sampai tgl…
    TULISAN INI ADA PADA APLIKASI BPJS KESEHATAN PADA MENU PESERTA ,DI HP ANDROID SAYA… ini artinya apa?

  21. Apa benar budjet rawat jalan rp 161.000 persekali berobat dan jika melebihi budjet tersebut, biaya ditanggung oleh pasien, hal ini saya alami sendiri ketika mengobati anak saya di rumah sakit di prabumulih, terima kasih

      • Assalamualaikum wr.wb
        Saya sudah memiliki kartu bpjs mandiri dari pemerintah bolaang mongondow selatan SULUT sebelum menikah. Dan sekarang saya sudah menikah ingin pindah ke askes tanggungan suami PNS.
        1. Bagaimana caranya pindah ke askes suami PNS sementara saya sudah memiliki kartu bpjs mandiri? Dengan mendaftar ke Gorontalo?
        2. Syaratnya apa sajah?
        Terimakasih.
        Assalamualaikum wr.wb.

  22. Assalamualaikum wrwb.
    Saya sudah memiliki KIS sebelum menikah. Saya mendapatkannya di daerah saya di Pamekasan-Madura. Saat ini saya sudah menikah dan tinggal di Sidoarjo. Pertanyaan saya:
    1. Apakah saya bisa memindahkan faskes 1 KIS saya tempat tinggal sy sekarang?
    2. Bisakah saya hanya mendaftarkan istri saya untuk ikut bpjs, mengingat saya sudah punya KIS?
    3. Kalau saya mendaftarkan diri dan istri ikut bpjs, apakah KIS saya tidak berlaku?
    Mohon pencerahannya. Trimakasih banyak.

    • @Wahyu : anda bisa memindahkan faskes ke tempat domisili and yng bru, anda bisa menambhkan istri anda ke kis dengan melaporkan ke dinsos, kis merupakan layanan bantuan dari pemerintah yang merupakan salah satu kategory dari bpjs…

  23. Selamat sore.
    Saya ingin bertanya, dalan anggota keluarga saya berisi 4 orang. Ayah ibu dan saya selalu melunasi tagihan bpjs. Sedang satu lagi kakak saya memiliku tunggakan pembayar. Apakah kartu bpjs saya, ibu dan ayah saya bisa di gunakan?
    Karena ketika saya cek melalui website bpjs status anggota keluarga saya yg non aktif hanya kakak saya.
    Terima kasih

  24. Oke terimakasih.
    Satu lagi yg saya tanyakan. Dalam 4 anggota keluarga ada satu yang sudah memiliki kk sendiri apakah bisa dipisahkan keanggotaan bpjsnya sesuai dengan kk yang bersangkutan?

  25. apa saja persyaratan administrasi untuk melepas pen dengan bpjs jika waktu pasang pennya di biayai jasa raharja dan biaya sudah melampoi plafon jasa raharja

  26. Salam. Maaf saya mau bertanya.
    Dalam kk yg terdaftar bpjs ada 4 orang dan semuanya menunggak. Namun, dr ke 4 anggota keluarga itu blm pernah ada yg memakai kartu bpjs untuk berobat. Jadi, apakah hanya dengan membayar tunggakan salah satu anggota keluarga, dapat mengaktifkan kembali kartu tersebut?

  27. Saya mau tanya…unyuk pekerja penerima upah apakah bisa daftar sendri langsun ke kantor bpjs…soal.ya saya mau daftar.y di daerah asal untuk pendaftaran saya dan keluarga…sedangkan saya bekerja di daerah lain..unyuk iuaran wajib dari perusahaan sudah terpotong tapi belum menyertakan identitas ke perusahaan..saya mau daftar sendri langsung ke kntor bpjs didaerah gmna ya..karena untuk menyertaan identitas ke perusahaan proses aktifasi dan dan peneriama kartu.y terlalu lama..sedangkan saya butuh untuk satu bulan kedepan untuk proses kelahiran ank pertma saya ..bisa apa tidak.trmksh

    • @yudi : tidak bisa pak… untuk pendaftaran PPU dapat dilakukan oleh perusahaan terkait… Jika anda daftar sendiri maka anda dinyatakan sebagai peserta mandiri (PBPU).. Terima Kasih…

  28. maaf saya mau tanya..
    saya ikut bpjs kesehatan dari perusahaan, mulai awal januari bpjs kesehatan saya dinonaktifkan dari perusahaan karena saya off selama 1bln untuk perpanjangan kontrak, bulan feb saya sudah masuk kerja lg, tp status bpjs kesehatan saya ternyata masih nonaktif.
    katanya bulan oktober baru bisa diaktifkan lagi..
    itu untuk pembayarannya yg bulan2 sebelumnya bagaimana ya dan kira2 habis berapa?
    saya trdaftar bpjs kesehatan kelas 2..
    terima kasih

    • @lira : untuk pembayaran bpjs kesehatan anda menjadi pertanggung jawaban perusahaan, begitu juga dengan status keanggotaan.. Apabila status keanggotaan anda tidak kunjung aktif silahkan ke kantor bpjs untuk menanyakan masalah terkait.

  29. Assalaamu’alaikum..
    Saya mau tanya, saya sekarang sedang hamil 7bln, dan saya punya riwayat sakit asma, setiap bln na saya periksa ke bidan terdekat bukan di puskesmas, apakah jika saya melahirkan melalui caesar bisa di cover oleh Bpjs?

  30. Ass. Pa saya mau tanya tdi tgl 25 agustus saya sudah melunasi iuran pendaftaran bpjs dan langsung mencetak kartu bpjs. Yang saya tanyankan apakah tgl 10 september sya harus bayar lagi tagihan atau sudah termasuk dari aktivasi pendaftaran. Terimakasih

  31. Ass”numpang tanya saya daftar BPJS klas 1..na slama 1,5 th saya aktifkan saya dan suami saya saja..2 ank saya tidk d aktifkn#untk jdi prtanyaan saya ank sya yg tua sakit dan ingin gunakan Bpjs..itu klo dilunasi sluruh tunggakan yg ank tua saya saja sudah bisa d pergunakan blum ?…

    • @Shepty : Terima kasih sudah membuka situs panduanbpjs.com, setahu kami anda dapat melunasi seluruh tunggakan anak, status kepesertaan akan diaktifkan kembali setelah tunggakan lunas… Perlu diketahui bahwa jika dalam 45 hari setelah diaktifkan anda menggunakan rawat inap maka akan dikenakan denda / administrasi 2,5% dari biaya rawat inap.

  32. Ijin bertanya .. Kalo bpjs kesehatan itu .. Jika kita berobat ,di Puskesmas pembantu apa pelayanan nya 24 jam .. Dn bisa menggunakan bpjs 24 jam .. Apa beda dgn Puskesmas induk yg melayani sampai jam 2 makasih …

      • Berarti tergantung faskes masing2 yah inti nya Puskesmas pembantu sesuai dgn jam kerja nya kan .. Apa ada peraturan pelayanan dpkm pembantu tuch sampe jam brapa.. Mungkin perda nya tau peraturan dr Kemenkes makasih

  33. Maaf saya mau tanya…
    Saya bekerja sebagai tenaga kontrak pada satu kantor pemerintah dan saya mau membuat BPJS bersama anggota keluarga saya. Pertanyaan saya adalah BPJS yang tipe mana yang harus saya ikut? mohon bantuannya… Sebelumnya di sampaikan terima kasih.

    • @Andre : Anda dapat ikut BPJS Ketenagakerajaan, jika ingin anggota keluarga di ikutkan maka ada ketentuannya… Anda juga bisa ikut menggunakan Peserta Mandiri dengan mendaftarkan seluruh anggota keluarga di KK dengan membayar iuran kelas yang di pilih… Kelas yang di pilih semua harus sama dengan kelas yang dipilih kepala rumah tangga.

  34. Saya mau tanya, saya ikut BPJS Mandiri lalu mau pindah ke BPJS perusahaan. Saya nunggak dan mau melunasi tagihan saya, tapi keluarga saya yang lain belum melunasi. Apakah bisa ? Atau harus yang satu KK itu melunasi semua baru saya bisa pindah BPJS perusahaan. Tq

  35. Mau nanya nih,

    Ponakan saya ikut KK kakaknya yg nunggak pembayaran iuran BPJS 5 bulan, saat ini ponakan tersebut ingin daftar BPJS tetapi tidak di terima dgn alasan kepala keluarga ada tunggakan 5 bulan, sedangkan ponakan tersebut saat ini mempunyai pendapatan sendiri.. apakah ada solusinya..

  36. apakah saya bisa membayar iuran bpjs secara dobel sekaligus? misal saya bayar bulan januari langsung 6 bulan sampai bulan juni? nanti bulan juli saya bayar langsung sampai bulan desember? berapa bulan maksimal boleh saya bayar? terimakasih

      • Assalamualaikum.wr.wb
        Saya sudah memiliki kartu bpjs mandiri dari pemerintah bolaang mongondow selatan SULUT sebelum menikah . Dan sekarang saya sudah menikah dan ingin masuk ke askes tanggungan suami pns .
        1. Bagaimana jika saya ingin masuk ke tanggungan askes suami dengan mendaftar ke bpjs Gorontalo ?sementara saya memiliki kartu bpjs MANDITI dari pemerintah Bolaang Mongondow selatan SULUT.
        2. Kemudian syaratnya apa saja?
        TRIMKSIH SEBELUMNYA.
        Assalamualaikum.wr.wb

  37. Saya mau tanya.
    Saya kan baru keluar dari tempat kerja.terus bpjs kesehatan saya udah di off.dan saya belum dapat paklaring apa bisa ganti status ke perorangan tanpa paklaring ? Cara ganti status ke perorangan gimana cara nya ya? Terus persyaratan nya apa aja? Saya butuh karena saya sekarang sedang menunggu kelahiran putra pertama ku.
    tolong bantu share.

      • Terus cara ganti status nya ke perorangan bisa lewat bpjs ketenagakerjaan tidak? Soal nya tempat tinggal saya dekat nya sama Kantor Bpjs ketenagakerjaan?
        terus kalau belum punya surat pengunduran diri masih bosa di urus tidak?

          • Saya telah berobat mengunakan bpjs kesehatan kelas 2 ..saya mau menanyakan apa saja yg di backup pihak bpjs..karena sekarang anak saya yg sakit dokter menyarankan untuk memberikan suntikan antibiotik akan tetapi berbayar 280 ribu untuk satu kali suntikan dan di kali berapa kali suntikan..karena kami tidak ada uang lagi kami pun terpaksa menandatangani surat penolakan untuk memberikan suntikan tersebut yg di nilai penting oleh dokter.apa betul prosedurnya seperti itu pak..dan alesanya kenapa tidak di backup pihak bpjs.mohon bantuanya.makasi

  38. saya telat membayar bpjs,selama 4 bln,dikarenakan salah memilih kelas 1,karna naik harganya yg besar,saya mendaftr kelas 1.sebnyak 5 anggota jeluarga dlm 1KK.prtnyaaanya 1 saya ingin menurunkan mnjadi kelas 3.apakah bisa tanpa membayar telat.yg 4 bln.trsbut. 2 syaratnya apa aja yg diperlukan sbgai catatn saya sdh lbh dri 1 thn.3 saya sblmnya berdomisili sesuai ktp yaitu jkt utara,sekrng saya pindah tmpt tgal di jakrta barat.apakah bisa untuk proses pemindhn bpjs.tnpa hrus merubah KTP.trimksh

    • @Willy : anda harus melunasi tunggakan terlebih dahulu sebelum pindah kelas. Pindah kelas dapat dilakukan di kantor bpjs setempat dengan membawa kartu anggota , kk dan ktp. Pastikan anda telah terdaftar selama minimal 1 tahun.

  39. saya mw tanya tdi saya bru daftar bpjs tpii apa kh bsa sudah digunakan karna yg punya sedang dirawat di rmh sakit..langkah ap yg harus saya lakukan untuk menggunakan bpjs yg bersifat dadakan seperti ini.

  40. Assalamu’alaikum…
    Saya seorang karyawan yg sudah berkeluarga. Saya akan di daftarkan ke BPJS KETENAGAKERJAAN di tempat kerja tetapi pas saya ke kantor BPJS untuk mendaftar saya ditolak / tidak bisa mendaftar di karena kan saya sudah terdaftar di BPJS dri pemerintah. Saya pribadi belum pernah mendaftar sebagai anggota BPJS sebelumnya. Mohon info dan keterangan nya agar saya dan keluarga bisa terdaftar di BPJS. Terima kasih.
    Assalamualaikum wr wb

    • Sayapun mengalami hal yg sama , dari 4 nama anggota cuma muncul 3 nama yg satu sudah trdaftar kata tulisan teks nya.. lalu diminta no.validasinya dan sya bingung pdahal blum prnah mendaftarkan sblumnya .. nah yg jadi prtnyaan saya . Bgaimana melihat no.validasinya ya ? Supaya saya skeluarga bisa mendaftarkan bpjs . Trims

      • saya mau tanya..saya seorg istri yg sedang hamil,minggu ini d perkirakan lahir..bpjs saya sudah aktif tgl 25 08 2016 dari perusahaan suami..apakah bisa langsung di pakai untuk persalinan di bidan yg bekerja sama dengan bpjs?

Leave a Reply