Pada 1 April 2016, Iuran Peserta BPJS Kesehatan dinaikan

Yang sebelumnya hanya sekedar kabar simpang siur mengenai kenaikan iuran peserta BPJS Kesehatan, kini pemerintah akhirnya mengeluarkan peraturan baru termasuk salah satunya mengenai iuran peserta yang harus dibayar tiap bulan, peraturan tertulis dalam peraturan presiden nomor 19 tahun 2016.

Bagi peserta PPU atau peserta yang terdaftar dari perusahaan tempat bekerja seperti PNS, Anggota TNI , Polri, Pegawai Perusahaan lainnya akan di potong sebesar 5% dari gaji atau upah perbulan. Sedangkan untuk iuran peserta Mandiri kelas 1 naik menjadi Rp 80.000, kelas 2 naik menjadi Rp 51.000 dan kelas 3 naik menjadi Rp30.000

Iuran Peserta BPJS Naik

Iuran Peserta BPJS Naik

Kenaikan iuran peserta ini berlaku bagi seluruh peserta bpjs baik yang baru mendaftar maupun peserta BPJS Lama. Menurut Irfan Humaidi kenaikan iuran bpjs tidak akan membebani masyarakat, besar nya iuran bpjs lebih ringan bila dibandingkan asuransi lain, apalagi bpjs memberikan layanan kesehatan yang dapat menanggung semua penyakit.

Sebagai gambaran bersama “Pembiayaan kesehatan untuk operasi caesar yang menghabiskan sekitar Rp 7 juta. Iut berarti untuk menutupinya, dibutuhkan 5-7 juta orang sehat yang iurannya dikumpulkan menjadi 1 untuk membiayai peserta yang butuh bantuan, begitu juga yang lainnya”

Kenaikan iuran BPJS juga tidak sebanding dengan konsumsi rokok per hari yang mencapai Rp 10-15 ribu per hari yang menghabiskan sekitar Rp 450 ribu per bulan. Sedangkan iuran hanya naik menjadi Rp 80 ribu untuk kelas 1 dan untuk membiayai semua penyakit..

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply