Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

cara turun kelas bpjs kesehatan
cara turun kelas bpjs kesehatan – photo by. revelyno igo

Iuran kelas Bpjs kesehatan telah dinaikan hingga 100% dari yang sebelumnya Rp80.000 menjadi Rp160.000 (kelas 1), dari yang sebelumnya Rp51.000 menjadi Rp110.000 (kelas 2), dari Rp25.500 menjadi Rp41.000 (kelas 3).

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan menjadi sebuah masalah finansial bagi sebagian orang sehingga banyak peserta yang memutuskan untuk turun kelas / pindah kelas. Ada yang pindah dari kelas 1 ke kelas 2, dari kelas 2 ke kelas 3 bahkan ada yang pindah menjadi peserta PBI.

Keinginan pindah kelas menjadi hak setiap peserta, karena mereka sendiri yang mampu mengukur kemampuan ekonomi antara memenuhi kebutuhan hidup dan memenuhi kewajiban bayar iuran peserta BPJS Kesehatan.

Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

Maka dari itu, bagi peserta BPJS yang punya keinginan pindah kelas dan masih beum tahu bagaimana caranya maka anda dapat membaca cara turun kelas bpjs yang akan kami sampaikan berikut ini:

  1. Memenuhi persyaratan yaitu telah aktif minimal 1 tahun
  2. Pergi ke Kantor BPJS terdekat
  3. Saat pergi ke kantor cabang BPJS Kesehatan, anda harus Membawa syarat dokumen seperti Buku tabungan, KTP, kartu peserta, dan kartu keluarga.
  4. Mengisi formulir perubahan data
  5. Pastikan peserta tidak punya tagihan / tunggakan
  6. Peserta membawa bukti pembayaran terakhir

Perlu diketahui juga bahwa, ketika salah satu anggota mengajukan pindah kelas maka seluruh anggota keluarga dalam 1 kartu keluarga juga harus pindah kelas karena pembayaran iuran bpjs bersifat kolektif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Share atau bagikan kepada rekan / saudara anda jika ingin mengajukan pindah kelas (turun kelas).


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.