Pindah Status BPJS dari PBI ke Perusahaan atau PPU

Kepesertaan BPJS dibagi menjadi 3 jenis, yaitu peserta mandiri atau PBPU, peserta perusahaan atau PPU dan peserta penerima bantuan dari pemerintah (PBI). Anda bisa mendaftar melalui salah satunya, jika anda tergolong tidak mampu maka kami sarankan untuk mendaftar menjadi peserta pbi namun jika anda bekerja maka lebih disarankan untuk mendaftar melalui perusahaan.

PBI merupakan program kepesertaan dari pemerintah sehingga anda biaya iuran akan ditanggung oleh pemerintah, peserta tidak harus membayar iuran bulanan, namun untuk PBI akan terdaftar pada kelas 3 dan tidak boleh pindah kelas. Berbeda dengan peserta mandiri, peserta mandiri bebas memilih kelas yang diinginkan.

Lain halnya dengan peserta Perusahaan atau PPU yang terdaftar melalui perusahaan tempat bekerja, dan terdaftar sesuai dengan gaji yang didapat. Adapun iuran peserta sebagian akan ditanggung oleh perusahaan dan kelas kepesertaan akan disesuaikan dengan iuran yang dibayar.

Pindah kepesertaan diperbolehkan, apabila anda sebelumnya peserta mandiri maka bisa pindah ke peserta pbi atau ppu, begitu juga jika anda sebelumnya ppu bisa pindah ke pbi atau mandiri. Tak terkecuali dengan peserta PBI maka bisa pindah ke peserta mandiri atau perusahaan yang iurannya tidak lagi ditanggung pemerintah atau dinsos.

Perubahan status kepesertaan harus mengikuti proses yang telah diatur dalam ketentuan yang berlaku. Jika misal anda ingin mengganti dari peserta PBI menjadi peserta perusahaan atau PPU anda harus mengikuti beberapa prosedur. 

1. Anda harus membuat laporan ke dinsos untuk mencabut kepesertaan BPJS PBI, bilang saja bila anda ingin menjadi peserta BPJS Perusahaan. Kemudian anda akan mendapatkan surat pencabutan dari dinas sosial.

2. Bawalah surat pencabutan yang anda peroleh dari Dinas Sosial, KK dan KTP ke kantor BPJS terdekat dengan menyebutkan keperluan anda bahwa anda ingin beralih atau pindah dari peserta PBI ke Peserta Mandiri atau Peserta Perusahaan.

3. Pihak BPJS tidak akan langsung memproses permintaan anda untuk melakukan perubahan kepesertaan, perubahan kepesertaan baru akan diproses setelah SK dari mentri sosial turun terhadap hasil rekonsiliasi. Rekonsiliasi dilakukan dinsos setiap 6 bulan sekali, maka dari itu anda harus menunggu.

4. Setelah mendapat hasil rekonsiliasi maka barulah permohonan perubahan akan diproses. Pada saat menunggu perubahan kepesertaan, anda masih bisa menggunakan kartu KIS, KJS, Jamkesda atau Jamkesmas anda untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS seperti biasa sampai dengan hasil rekonsiliasi keluar.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.