Pendaftaran BPJS untuk Karyawan Tidak Tetap

Karyawan Tidak Tetap

Pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan terbagi menjadi 3 jenis yaitu mendaftar sebagai peserta PBI atau penerima bantuan iuran, mendaftar melalui jalur peserta Mandiri (PBPU) dan pendaftaran secara kolektif melalui perusahaan tempat bekerja (PPU).

Anda bisa mendaftar lewat yang mana saja, namun jika status anda saat ini sedang bekerja disebuah perusahaan walaupun status anda bukan karyawan tetap maka anda bisa mendaftar melalui jalur ppu (pekerja penerima upah).

Dan pendaftarannya dilakukan secara kolektif oleh HRD Perusahaan tempat anda bekerja. Anda cukup menyerahkan syarat pendaftaran kepada HRD yang akan mendaftarkan anda dan keluarga anda ke BPJS Kesehatan.

Ketika anda terdaftar sebagai peserta bpjs PPU maka sebagian biaya iuran akan ditanggung perusahaan, dan anda akan mendapatkan kartu BPJS yang dapat digunakan untuk berobat. Adapun untuk prosedur berobat sama dengan peserta lainnya yaitu berobat ke faskes 1 terlebih dahulu.

Apabila anda tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut maka anda bisa menghubungi pihak BPJS dan anda akan di over ke perusahaan yang baru atau anda dapat beralih status menjadi peserta BPJS Mandiri (PBPU) yang mana biaya iuran menjadi tanggung jawab anda sepenuhnya.

Baca Juga : Pendaftaran Peserta PPU

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.