Bagaimana Caranya menjadi Peserta PBI BPJS Kesehatan? Baca ini

Semua masyarakat Indonesia diwajibkan untuk daftar Bpjs Kesehatan, pendaftaran peserta melalui 3 jenis yaitu mendaftar menjadi peserta mandiri, menjadi peserta perusahaan atau ppu (pekerja penerima upah) dan menjadi peserta PBI atau penerima bantuan Iuran.

Untuk mendaftar menjadi peserta mandiri anda dapat lakukan langsung melalui pendaftaran online yang telah disediakan atau bisa datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Peserta mandiri memiliki kewajiban untuk membayar iuran berdasarkan kelas yang dipilih, ada kelas 1, kelas 2, kelas 3.

Untuk menjadi peserta perusahaan atau PPU maka anda bisa menghubungi HRD atau penanggungjawab karyawan untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS. Peserta akan dimasukan kedalam kelas bpjs sesuai dengan gaji yang diterima, pembayaran iuran sebagian akan ditanggung perusahaan.

Berikutnya, masuk ke topik utama yaitu bagaimana caranya menjadi peserta PBI BPJS Kesehatan?

Peserta JKN Kis

PBI merupakan program khusus bagi masyarakat miskin atau yang tidak mampu, pendaftarannya dilakukan melalui Pemda atau Dinsos. Maka dari itu, jika anda tergolong dalam peserta yang tidak mampu silahkan menghubungi Pemerintah Daerah atau Dinas Sosial agar dapat diusulkan untuk didaftarkan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibayari oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, dengan catatan Pemda setempat memiliki program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

Apabila ternytaa Pemerintah Daerah Setempat tidak memiliki program Jamkesda, maka peserta tersebut dapat diusulkan untuk dimasukkan dalam daftar peserta PBI yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial agar selanjutnya dapat dibiayai pemerintah pusat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.