4 Peraturan BPJS Kesehatan yang Sering dilupakan

4 peraturan bpjs sering dilupakan

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menjadi Peserta BPJS Kesehatan, ketika peserta tiba-tiba sakit maka bisa berobat dengan kartu bpjs, pastikan kartu tersebut dalam keadaan aktif dan tidak memiliki tunggakan bayar iuran.

Hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan kecuali Kecelakaan Lalu Lintas, maka dari itu sangat penting daftar menjadi peserta BPJS untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Ada 4 Peraturan BPJS Kesehatan yang sering dilupakan oleh Masyarakat, entah karena memang belum tahu atau memang lupa. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan kembali untuk anda.

1. Seluruh Anggota Keluarga Wajib Daftar BPJS Kesehatan

Peraturan ini berlaku bagi seluruh peserta yang melakukan pendaftar bpjs secara online, saat melakukan pendaftaran calon peserta diharuskan memasukan NIK yang tertera pada kartu keluarga, ketika NIK tersebut dicantumkan maka secara otomatis semua anggota keluarga yang terdapat dalam KK akan muncul pada layar komputer.

Sesuai dengan perturan BPJS Kesehatan No.4 Tahun 2014, seluruh masyarakat wajib mendaftarkan diri dan seluruh anggota keluarga. Maka dapat dipastikan anda tidak akan bisa mendaftar BPJS tanpa mengikut sertakan seluruh keluarga yang ada dalam 1 kartu keluarga.

2. BPJS Kesehatan bisa digunakan setelah 14 Hari sejak Pendaftaran

Ketika anda mendaftar BPJS Kesehatan maka anda tidak bisa langsung menggunakannya, anda harus membayar iuran pertama terlebih dahulu. Dan Kartu BPJS Kesehatan akan aktif paling cepat 14 hari sejak pendaftaran.

Berdasarkan peraturan No.1 2015, BPJS Kesehatan dikatakan bahwa, pembayaran iuran pertama paling cepat dapat dilakukan setelah 14 hari kalender virtual account diterima. Setelah peserta melakukan pembayaran iuran pertama maka kartu bpjs akan diberikan kepada peserta.

3. Bayi Belum Lahir bisa langsung didaftarkan menjadi Peserta BPJS

Saat istri sedang mengandung, maka bayi yang ada didalam kandungannya bisa didaftarkan menjadi peseta BPJS, jangan nunggu setelah lahir. Dengan mendaftarkan bayi menjadi peserta BPJS Sebelum lahir maka bayi akan mendapatkan jaminan kesehatan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Banyak ibu hamil yang melahirkan bayi prematur, sehingga bayi yang dilahirkan perlu menjalani perawatan dirumah sakit seperti Inkubator. Fasilitas kesehatan ini membutuhkan biaya yang cukup banyak, dengan bayi sudah menjadi peserta BPJS maka akan menjadi tanggungan BPJS Kesehatan

4. Jika terkena PHK, BPJS tetap bisa digunakan selama 6 bulan

BPJS memiliki jenis kepesertaan yang dilakukan lewat tempat bekerja, yakni Peserta Penerima Upah (PPU). Iuran PPU tersebut akan dibayarkan sebagian oleh perusahaan tempatnya bekerja, sedangkan sebagian lagi oleh karyawan yang menjadi peserta tersebut.

Lalu, bagaimana jika peserta mengalami PHK?

Meski peserta telah mengalami PHK dan sejumlah iuran tersebut tidak lagi dibayarkan, peserta tetap dapat menggunakan BPJS Kesehatan selama enam (6) bulan sejak yang bersangkutan mengalami PHK (tanpa pembayaran iuran). Hal ini tentu akan sangat membantu, mengingat PHK pasti akan membawa dampak yang buruk dalam keuangan para pekerja.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.