Syarat Daftar Calon Bayi jika Orangtua terdaftar sebagai Peserta Mandiri

Daftar calon bayi – Menjadi peserta BPJS merupakan kewajiban bagi setiap WNI atau WNA yang tinggal di Indonesia selama lebih dari 6 bulan. Dengan mendaftar BPJS maka anda akan mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS, terutama bagi ibu hamil sangat disarankan untuk segera mendaftarkan diri dan anak yang ada dalam kandungan.

Benar sekali, bayi yang masih ada didalam kandungan sudah bisa didaftarkan ke bpjs kesehatan untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan ketika bayi itu lahir. Karena kita tidak tahu, kebutuhan medis apa yang diperlukan bayi pada saat dilahirkan, tertuma ketika lahir dalam kondisi operasi caesar.

Jika anda terdaftar sebagai peserta mandiri maka anda bisa langsung mendaftarkan calon bayi anda ke bpjs setelah mengetahui jenis kelamin, untuk mengetahui jenis kelamin anda bisa menggunakan USG yang ada di faskes.

Daftar Calon Bayi dalam Kandungan

Baiklah untuk daftar calon bayi ke BPJS silahkan anda datang ke kantor cabang setempat bawa KK, KTP, surat keterangan dari dokter/bidan sudah ada detak jantung, jenis kelamin dan hari perkiraan lahir, dan buku tabungan yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan bank BRI, BNI, BTN, Mandiri salah satunya saja.

Kelas untuk calon bayi akan mengikuti kelas yang digunakan oleh orangtua. Misal, orangtua terdaftar sebagai peserta BPJS perorangan di kelas 1 dengan iuran Rp80 ribu perorang perbulan, maka bayi anda akan terdaftar di bpjs pada kelas yang sama.

Iuran peserta dibayar setiap bulan paling lambat tanggal 10 untuk semua iuran untuk peserta dalam 1 kartu keluarga. Jika terlambat membayar iuran maka status kartu bpjs akan di nonaktifkan dan tidak bisa digunakan sampai tunggakan iuran bpjs dilunasi.

Baca Juga : Pendaftaran Bayi dalam Kandungan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


1 COMMENT

  1. abang saya mempunyai bayi, saat dalam kandungan sudah didaftarkan dan terlulis nama anak BAYI NY TAMAH
    nah sekarang bayi ini sudah 8 bulan dan hendak menggunakan BPJS.. itu bagaimana prosedurnya? apakah ke kantor BPJS untuk mengganti nama asli si anak atau bagaimana?

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.