Lowongan CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2016

Lowongan CPNS Kementerian Kesehatan

Tahapan Seleksi dan Pelaksanaan Ujian

Seleksi penerimaan ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2016 dari PTT Kementerian Kesehatan melalui tahapan sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi :

a. Panitia akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas pendaftaran dan validasi terhadap isian print out formulir pendaftaran dengan dokumen yang dilampirkan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan mulai tanggal 3 s.d 30 Juni 2016.

b. Setiap pelamar yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang ditetapkan dapat mengikuti ujian setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi yang akan dimumkan pada tanggal 5 Juli 2016.

2. Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD)

a. TKD dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

b. Materi TKD dibuat oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

c. Ujian TKD dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) dan wajib diikuti oleh seluruh pelamar yang lulus seleksi administrasi.

d. Ujian TKD melalui sistem CAT menggunakan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) milik Instansi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

e. Jadwal dan lokasi pelaksanaan ujian TKD akan diumumkan pada saat pengumuman Hasil Seleksi Administrasi.

f. Materi ujian TKD meliputi:

  • 1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • 2) Tes Inteligensia Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.
  • 3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan bekerja berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

g. Pelaksanaan ujian dilaksanakan di provinsi sesuai tempat penugasan PTT terakhir mulai tanggal 12 s.d 26 Juli 2016.

h. Khusus untuk pelamar dengan penugasan PTT terakhir pada Provinsi Papua, ujian akan dilaksanakan pada Kota Jayapura, Kabupaten Biak dan Kabupaten Merauke.

i. Khusus untuk pelamar dengan penugasan PTT terakhir pada Provinsi Papua Barat, ujian akan dilaksanakan pada Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.

F. Pengumuman Hasil Ujian

Untuk menjamin objektifitas dan akuntabilitas serta tranparansi pelaksanaan penerimaan ASN, maka hasil ujian TKD langsung dimumkan setelah selesai pelaksanaan ujian.

G. Kelulusan dan Pengangkatan sebagai ASN

1. Kelulusan sebagai ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2016 dari PTT Kementerian Kesehatan akan diumumkan secara nasional yang akan dikoordinir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 12 Agustus 2016.

2. Pengangkatan sebagai ASN berdasarkan hasil TKD pada masingmasing pemerintah daerah dengan sistem pemeringkatan yang memprioritaskan usia kritis dan masa kerja sebagai PTT Kementerian Kesehatan serta kriteria keterpencilan Puskemas atau Desa (berdasarkan SK Bupati/Walikota).


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

2 COMMENTS

  1. Bisa ngga jngan cuman bidan dan dokter yg selalu ad pengangkatan PTT. Kenapa tidak apoteker. Bukti disetiap fasilitas kesehatan terutama bidan sudah menumpuk. Tapi apoteker atau asisten apoteker tidak ada sama sekali. Contohnya di puskesma rimbo kedui kecamatan seluma selatan kabupaten seluma bengkulu. Bukan cuman puskesmas ini saja banyak puskesmas lainya yg tidak ada tenaga farmasi.bahkan akibat dari itu pemberian obat dilakukan oleh perawat atau bidan yg tidak sesuai dg bidangnya. Satu lagi tenaga laboratorium itu sangat minim. Padahal antara dokter labor dan farmasi berkesinambungan. Mohon kepada menteri kesehatan di lihat dengan jelas keadaan lapangan itu seperti apa.

  2. Bagaimana jika belun di angkat pegawai PTT . Karena lulusan 2015 kemarin apa tetap mendaftar atau bagaimana ? Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.