Lewat Batas Pembayaran Iuran Apakah Status BPJS Tetap Aktif?

Bayar Iuran BPJS Lewat Tanggal 10

Membayar iuran BPJS merupakan kewajiban para peserta yang telah terdaftar, pembayaran iuran dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Walaupun sudah diinformasikan namun tetap saja masih ada peserta yang telat membayar iurannya dengan berbagai alasan.

Alasan yang sering diutarakan yaitu karena kelupaan dan keterbatasan keuangan untuk bayar iuran. Tapi semua itu ada solusinya, jika anda sering lupa alangkah baiknya anda membuat pengingat di ponsel setiap tanggal tertentu harus sudah bayar iuran, sedangkan jika memiliki masalah dengan keuangan maka alangkah baiknya untuk pindah status menjadi PBI.

Peserta PBI merupakan peserta KIS tidak mampu yang iuran wajibnya akan dibayarkan oleh Pemerintah Daerah, untuk bisa menjaadi peserta PBI anda harus melapor ke kelurahan atau dinas sosial terlebih dahulu. Selanjutnya barulah anda pindah keanggotaan..

Baca Disini : Pindah BPJS dari Mandiri ke PBI

Ada pertanyaan masuk kepada kami, Lewat Batas Pembayaran Iuran Apakah Status BPJS Tetap Aktif

Misalkan batas tanggal pembayaran bpjs tanggal 10 kalau lebih dari itu apakah masih bisa bayar dan bpjs nya masih aktif tidak di nol kan lagi mohon jawabannya??

Salam Sehat, untuk para peserta BPJS Kesehatan.

Perlu anda ketahui bahwa pembayaran iuran lewat dari tanggal 10 masih bisa dibayarkan, jika peserta tidak memiliki tunggakan dibulan sebelumnya maka data kartunya akan tetap aktif.

Namun apabila peserta yang bulan sebelumnya memiliki tunggakan maka pada saat dibayarkan lewat dari tanggal 10 kartu akan dinonaktifkan sementara, jika sudah dibayarkan kembali akan aktif namun peserta akan masuk dalam masa denda pelayanan RITL (rawat inap tingkat lanjut).

Pengenaan denda saat ini hanya diberlakukan apabila peserta mendapatkan pelayanan rawat inap sebelum 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, denda tidak diberlakukan apabila dalam kurun waktu 45 hari peserta tidak menggunakan pelayanan rawat inap (Perpres no.19 th.2016).  Baca Disini : Penjelasan Denda Rawat Inap

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


1 COMMENT

  1. Tolong informasi nya mengenai besar bayaran mulai bulan ini apa masih tetap?
    Anak saya baru bayar bpjs kes. 2 bln kena debit Rp 240000; apa ada kenaikan atau ada masalah lain.
    No 0001788556509 ( Akbar Kamil )

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.