Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Dengan Mudah

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau dulu dikenal dengan Jamsostek adalah program perlindungan sosial ekonomi bagi tenaga kerja. Program ini diberikan melalui pemberian sejumlah dana yang dapat dicairkan (klaim) tentunya dengan beberapa syarat tertentu.

Berikut cara klaim BPJS ketenagakerjaan yang harus diketahui:

Mencairkan dana BPJS dapat dilakukan melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan, cara ini memang sedikit lebih merepotkan ketimbang melalui e- Klaim (secara online). Selain harus rela antri lama, beberapa kantor BPJS Ketenagakerjaan akan menerapkan sejumlah kebijakan yang harus dipenuhi seperti legalisir formulir dan lain-lain.

Kadang juga kantor menerapkan sistem kuota mengingat sangat banyaknya antrian setiap hari nya. Maka dari itu, untuk memberikan kemudahan kepada peserta yang ingin mengajukan klaim maka proses klaim juga bisa dilakukan secar Online.

Pencairan Dengan Sistem Online (e- klaim)

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan secara online atau e-klaim. Mencairkan secara online atau e-klaim memberikan lebih banyak kemudahan bagi para penggunanya.

Karena prosesnya lebih cepat, dan tidak perlu antri panjang, beberapa kelengkapan data yang harus diisi juga bisa dilakukan di rumah. Berikut cara pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online dengan sistem e-Klaim:

  1. Buka Website Untuk mengisi Data Di Formulir Online

Langkah awal cara klaim BPJS ketenagakerjaan melalui e-klaim adalah membuka web resmi BPJS Ketenagakerjaan yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs. Setelah itu buat akun dengan mengisi formonline. Data yang dibutuhkan seperti Nomor KTJ aktif, Nama, tanggal lahir, Nomor E-KTP, dan Nomor handphone yang masih aktif.

Data yang paling penting adalah alamat email. Pastikan alamat email yang dimasukkan masih aktif karena lewat email ini selanjutnya akan mendapatkan kode verifikasi. Isi beberapa data tersebut agar semua proses dapat berjalan lancar.

  1. Tunggu Email Berisi Kode Aktivasi

Setelah selesai mengisi semua form, langkah selanjutnya adalah menunggu email dari BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya email tersebut akan berisi kode verifikasi untuk aktivasi. Setelah mendapat kode tersebut, masukkan lalu klik tombol submit.

  1. Memilih Menu Sesuai Tujuan

Selanjutnya setelah mengklik tombol submit, akan masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan Personal Service. Laman ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah terverifikasi. Masuk menu e-klaim untuk yang hendak mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Mengecek Kembali Kelengkapan Isi Formulir E- klaim

Dalam menu e-klaim  akan muncul formulir Pengajuan Klaim Elektronik. Isi data tersebut misalnya data pilihan aksi dengan memilih “Pengajuan Klaim” atau jenis klaim pilihan kondisi dengan mengisi “mengundurkan diri”. Selanjutnya klik SubmitForm , pada bagian “ Informasi transaksi” klik “lanjutkan”.

Semua data yang ada di formonline harus diisi lengkap walaupun ada beberapa kolom yang terisi otomatis. Biasanya agar lebih mudah bisa dilakukan dengan mengisi kantor cabang jamsostek sesuai kota tempat tinggal.

  1. Tunggu SMS Atau Email Informasi PIN

Setelah mengisi semua data form maka akan mendapat kode verifikasi atau PIN yang masuk ke email atau lewat sms. Isi data lengkap pada laman “pengajuan klaim elektronik” . Perlu dingat pada tahap ini banyak data yang bersifat pribadi seperti nomer rekening dan nama bank tempat transfer dana.

6.Menyiapkan Dokumen Untuk e- Klaim Yang Akan Di Upload

Jika mencairkan dana BPJS melalui kantor (offline) diminta menyerahkan copyan dokumen klaim, maka dengan cara e-klaim (online) dokumen tersebut harus discan. Untuk selanjutnya hasil scan tersebut dilampirkan dalam formulir isian. Dokumen untuk pencairan secara offline sama dengan cara online.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum mengajukan klaim :

  • Fotocopy dan Asli KTP
  • Fotocopy dan Asli kartu peserta BPJS TK/Kartu JAMSOSTEK
  • Fotocopy dan Asli Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy dan Asli Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja)
  • Fotocopy dan Asli buku tabungan bank
  1. Menunggu Konfirmasi Dari BPJS Ketenagakerjaan

Jika data yang telah diisi semua sudah lengkap dan benar, maka akan muncul pemberitahuan lewat email yang memberitahu data telah berhasil direkam. Semua data dalam proses konfirmasi dan persetujuan kantor cabang yang dipilih pemohon.

Proses validasi dari BPJS Ketenagakerjaan biasanya membutuhkan waktu selama 1×24 jam. Jika email konfirmasi lanjutan sudah diterima, segera cetak surat konfirmasi tersebut. Biasanya akan diminta datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen asli maupun copyannya.

Baca Juga: Berapa Lama Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan?

  1. Transfer Saldo Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Setelah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan segera tunjukkan dokumen serta konfirmasi email yang telah dicetak pada petugas. Untuk yang melalui jalur onlineantrian tidak akan memakan waktu yang lama. Selanjutnya akan dipanggil untuk dijelaskan proses transfer saldo yang umumnya membutuhkan waktu 10 hari kerja.

Itulah cara klaim BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menjadi wawasan untuk para pekerja yang mempunyai keinginan untuk mengambil dana program pemerintah ini.

Baca Juga: 5 Fungsi BPJS Ketenagakerjaan untuk Peserta yang Perlu diketahui

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.