Berapa lama mencairkan dana jht melalui e-klaim?

Kantor BPJS Ketenagakerjaan kwalahan melayani para peserta bpjs yang kendati banyak yang mencairkan dana jhy nya, dengan ini bpjs ketenagakerjaan membatasi nomor antrian hingga 100 orang, jika tidak dibatasi maka sampai malam hari pun tetap banyak peserta yang berdatangan untuk mencairkan dana jht pada hari itu.

Padahal sebenernya bpjs ketenagakerjaan telah menyediakan layanan bagi yang ingin mencairkan dana jht melalui e-klaim, yaitu klaim jht dengan sistem online. hal ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir antrian yang panjang disetiap kantor bpjs ketenagakerjaan.

Bagi para peserta BPJSTK yang berhenti bekerja sejak 1 September 2015, baik itu karena di pecat atau mengundurkan diri, dan ingin mencairkan dana jht maka tidak perlu datang dan antri di kantor bpjs sejak pagi, melalui e-klaim jht ini memudahkan peserta untuk mencairkan jht.

Cara menggunakan e-klaim bpjstk untuk mencairkan jht sangat lah mudah, peserta hanya cukup melakukan pendaftaran dan kemudian mengupload dokumen yang dibutuhkan melalui fasilitas e-klaim. e-klaim bisa diakses melalui situs resmi bpjs ketenagakerjaan. Saat datang ke kantor bpjstk peserta cukup membawa dokumen asli untuk dilakukan verifikasi.

Setelah Dokumen di Verifikasi, berapa lama dana JHT bisa Cair?

Sesuai dengan revisi Peraturan Pemerinta No.46 tahun 2015 tentang JHT menjadi PP nomor 60 tahun 2015 dan ditindaklanjuti oleh Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2015 tentang tata cara dan persayratan pembayaran JHT. Maka JHT bisa langsung cair hanya dalam 1 hari.

Sedangkan bagi para peserta bpjstk yang melakukan klaim jht melalui e-klaim (lewat online) maka dana jht dapat cair setelah 5 hari kerja untuk pencairan tunai dan 7 hari kerja untuk pencairan dengan cara transfer ke rekening bank peserta.

Meskipun waktu pencairan membutuhkan waktu lebih lama, tapi peserta sanagt dimudahkan karena tidaak perlu berebut nomor anterian di kantor bpjs tk. Selain itu peserta hanya cukup membawa dokumen asli saja saat melakukan verifikasi dokumen, tidak perlu memfotocopi dokumen-dokumennya.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


4 COMMENTS

  1. saya jg susah membuka aplikasi ini dari HP Android saya, akhirnya saya coba buka dari komputer dan langsung bisa dan selesai proses eklaimnya

  2. hallo…… saya sudah dari 10 kali mencoba buka program ini
    ternyata berhenti sampai dengan layanan saldo saja
    untuk mengjukan klaik, program akan stag ketika kita mulai
    melakukan upload data…. program tidak merespon

    mohon yang bertanggung jawab dapat meklum dan segera menanganinya
    karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat peserta jamsostek.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.