5 Fungsi BPJS Ketenagakerjaan untuk Peserta yang Perlu diketahui

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Setiap pekerja memang sudah selayaknya mendapatkan jaminan sosial dan berbagai fasilitas perlindungan sosial. Pemerintah Indonesia memberikan jaminan kerja melalui mengadakan program BPJS ketenagakerjaan.

Sebagai partisipasi perusahaan dalam menyukseskan program ini, maka gaji karyawan akan dipotong sekian persen setiap bulannya. Jadi apa sebenarnya Fungsi BPJS Ketenagakerjaan?

Sebenarnya BPJS Ketenagakerjaan hasil dari akumulasi berbagai Undang-Undang (UU) dan juga peraturan yang bertujuan memberikan jaminan sosial terhadap tenaga kerja. Dengan demikian seluruh pekerja di Indonesia diwajibkan untuk mengikuti program ini.

Warga negara asing (WNA) yang bekerja di Indonesia juga diberikan perlindungan supaya dapat merasakan fungsi BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Sebagai Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah memberikan jaminan kecelakaan kerja yang akan memberikan dampak yang baik kedepannya. Di dalam jaminan ini mencakup kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan menuju tempat kerja atau lingkungan kerja yang menyebabkan penyakit.

Adapun iuran yang wajib dikeluarkan untuk membayar JKK adalah senilai 0,24% sampai dengan 1,74% berdasarkan risiko kerja. Program JKK akan berfungsi jika pekerja mengalami kecelakaan dalam pekerjaannya sehingga BPJS dan seluruh biaya perawatan rumah sakit akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian jika terjadi cacat sehingga tidak dapat bekerja kembali maka pekerja tetap mendapatkan upah dan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Maka dari itu pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pekerja yang cacat untuk kembali bekerja.

  1. Sebagai Jaminan Kematian (JKM)

Program ini akan ditujukan untuk bagi alhi waris dari peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja. Iuran yang harus dibayar untuk program JKM adalah 0,3% dari gaji sedangkan yang bukan penerima upah diwajibkan Rp. 6.800. Program ini akan dibayarkan kepada ahli waris jika peserta meninggal dunia dalam masa aktif.

Begitu sangat baik dampak dengan mengikuti program JKM karena memberikan manfaat berupa uang tunai kepada ahli waris senilai Rp. 36 juta. Hitungannya sebenarnya adalah Rp. 24 juta ditambah anak yang mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 12 juta. Jika meninggal karena kecelakaan kerja akan diberi santunan 48 kali lipat gaji terakhirnya.

  1. Sebagai Jaminan Hari Tua (JHT)

Jaminan Hari Tua (JHT) bertujuan untuk menjamin peserta untuk menerima uang tunai jika memasuki masa pensiun. Adapun iuaran yang wajib ditunaikan adalah 5,7% dari total gaji dengan rincian 3,7%  ditanggung perusahaan dan 2% oleh pekerja.Program JHT sebagai fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan jika peserta sudah mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia maupun mengalami cacat.

  1. Sebagai Program Jaminan Pensiun (JP)

Jaminan Pensiun diadakan oleh Pemerintah dengan maksud untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak ketika sudah memasuki usia pensiun. Peserta dari program ini adalah yang memberikan pekerjaan dan atau peserta penerima upah.

Iuran yang wajib dikeluarkan untuk program JP adalah sebesar 3% yang terdiri dari 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran pekerja. Program ini merupakan salah satu Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang akan didapatkan jika tidak bisa bekerja lagi.

  1. Sebagai Jaminan Untuk Masa Depan

Adapun fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang lain bahwasanya masa depan akan lebih nyaman karena jaminan yang diberikannya. Berbagai program-program yang sudah disediakan dapat membuat pekerja yang sudah tidak bekerja dapat jaminan hidup. Bahkan program ini dapat diikuti oleh sektor bukan penerima upah seperti pedagang, petani dan orang-orang yang memiliki usah sendiri.

Jadi apakah sudah mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan? Jika belum maka daftarlah sekarang agar masa depan akan terjamin. Begitu banyak manfaat atau fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang akan dirasakan jika tidak bisa bekerja lagi.

Baca Juga: Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Dari Masing-Masing Program

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.