Kenapa Saya Tidak Bisa Bayar Iuran BPJS Kesehatan?

Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Dengan adanya BPJS Kesehatan banyak masyarakat yang terbantu akan biaya kesehatan yang cukup tinggi, masyarakat yang telah terdaftar secara aktifkan menjadi peserta BPJS akan mendapatkan layanan kesehatan dengan biaya yang murah, bahkan bisa gratis. 

Setiap peserta memiliki kewajiban untuk membayar iuran kelas bpjs yang dipilih, iuran dibayar setiap bulan sebelum tanggal 10, apabila peserta telat membayar iuran 1 bulan saja maka status nya akan dinonaktifkan dan tidak bisa menggunakan kartu bpjs sebelum diaktifkan kembali.

Untuk mengaktifkannya peserta dapat melunasi semua tagihan iuran yang belum dibayar. Pembayaran iuran bisa dilakukan menggunakan ATM Bank BNI, BRI, dan Mandiri atau bisa melalui pihak yang telah bekerjasama seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian dan Tokopedia,.

Kenapa Saya Tidak Bisa Bayar Iuran BPJS Kesehatan?

Sering kali dijumpai peserta yang mengalami masalah dengan pembayaran iuran dimana pembayaran tidak bisa dilakukan. Bayar iuran bpjs lewat ATM selalu gagal bisa jadi ini karena ada kesalahan terhadap proses sistem yang error sehingga pembayaran yang anda lakukan gagal atau tidak bisa bayar lewat ATM dikarenakan saldo tidak mencukupi.

Baca Juga : Bayar Iuran BPJS lewat ATM Mandiri

Jika anda mengalami proses gagal ketika ingin membayar iuran bpjs melalui ATM maka anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut ke kantor bank atau ke kantor BPJS Terdekat

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi :

1. Nomor tagihan bpjs belum aktif, pendaftaran bpjs membutuhkan waktu 14 hari kerja, setelah itu anda baru bisa menggunakan virtual account untuk melakukan pembayaran pertama. Apabila anda melakukan pembayaran sebelum hari ke-14 sejak pendaftaran maka dapat dipastikan pembayaran pertama akan gagal.

2. Ssitem BPJS sedang mengalami Gangguan / Maintenance, Namanya sebuah sistem tidak selalu berjalan sesuai rencana, terkadang mengalami gangguan dalam waktu yang tidak diduga, apalagi penggunaan yang padat. Mungkin saja ketika anda melakukan transaksi untuk bayar iuran bpjs lewat atm atau pakai cara lain tapi selalu gagal / pembayaran iuran tidak bisa dilakukan maka itu ada kemungkinan disebabkan oleh gangguan sistem, anda bisa mencoba esok harinya.

3. Sistem ATM Bank yang bermasalah, Begitu juga dengan sistem pada bank. Bisa jadi ketika sistem BPJS Normal ternyata ada gangguan pada sistem pembayaran ATM yang bersangkutan. Solusinya anda dapat mencoba lagi keesokan harinya atau anda bisa menggunakan ATM Bank lain.

4. Ternyata Iuran BPJS anda sudah dibayar, Ketika iuran anda tidak bisa bayar atau gagal , ada kemungkinan karena tagihan sudah terbayar. Mungkin anda lupa anda sudah membayar iuran tagihan pada bulan sebelumnya, untuk memastikan anda bisa cek melalui bpjs checking kapan pembayaran terakhir dilakukan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.