Iuran BPJS tidak dibayar selama 2 bulan

Telat Bayar 2 Bulan

Admin, saya mau tanya. Saya tidak membayar iuran BPJS selama 2 bulan (telat), apakah status bpjs saya masih aktif. Iuran yang belum dibayar yaitu untuk semua keluarga? boleh tidak saya membayar salah satu keluarga saja karena ingin berobat dengan kartu BPJS? Terima Kasih

Jawab : Setiap peserta BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya, iuran yang dibayar sesuai dengan kelas yang dipilih dan jumlah anggota keluarga yang ada dalam kartu keluarga. Peserta tidak boleh bisa membayar iuran hanya salah satu anggota keluarga saja, tapi harus semuanya dibayar.

Apabila peserta menunggak atau telat bayar 1 bulan atau lebih maka statusnya akan di nonaktifkan sementara dan tidak bisa digunakan, untuk bisa menggunakannya kembali harus melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar. Pembayaran iuran peserta dapat dilakukan di kantor bpjs, kantor pos indonesia, kantor pegadaian, gerai indomaret, gerai alfamart atau di loket-loket PPOB lainnya.

Peserta yang telah tidak akan dikenakan denda jadi, anda cukup bayar iuran yang menunggak. Contoh, misal anda terdaftar di kelas 2 dengan jumlah anggota keluarga 3 orang dan telat 2 bulan maka total iuran yang harus dibayar yaitu : Rp51.000x3x2 = Rp306.000.

Baca Juga : Penjelasan Denda 30 Juta

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


1 COMMENT

  1. Saya seorang PNS gol.3, punya 3 orang anak yg di tanggung BPJS dan suami dan saya masuk kan ibu saya yg dipotong 1% dari gaji saya dan sisanya saya setorkan lewat kantor pos pertanyaannya apakah masih berlakukah BPJS mandiri ini?

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.