Fasilitas Kesehatan BPJS tidak diperkenankan menarik biaya pada Peserta BPJS

Bagi masyarakat yang telah mendaftar menjadi peserta BPJS dapat berobat dengan gratis difaskes yang telah bekerjasama dengan BPJS, faskes yang dapat anda gunakan yaitu tertera pada kartu peserta anda. Sebelum anda pergi berobat pastikan status kepesertaan anda aktif (tidak memiliki tunggakan dalam bayar iuran).

Iuran yang harus anda bayar setiap bulan bergantung pada kelas bpjs yang anda pilih. Jika anda telat bayar iuran maka status bpjs anda akan dihentikan sementara dan untuk mengaktifkannya kembali anda dapat melunasi tagihan iuran yang belum dibayar.

Faskes tidak boleh menarik biaya kepada pasien
Faskes tidak boleh menarik biaya kepada pasien

Hampir semua jenis penyakit dapat dilayani menggunakan kartu bpjs di faskes 1 maupun faskes lanjutan. Asalkan peserta mengikuti prosedur yang berlaku dan atas indikasi medis. Saat pergi ke faskes 1 maka anda harus membawa kartu bpjs, ktp, dan kk. Jika memang anda harus ke rumah sakit maka anda harus mendapatkan rujukan dari faskes 1.

Berdasarkan Peraturan presiden Nomo. 19 Tahun 2016 pasal 36 A, Fasilitas Kesehatan (faskes) yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya pelayanan kesehatan kepada peserta selama peseta tersebut mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlakudan sesuai dengan indikasi medis serta sesuai dengan hak kelas perawatan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.