Cek Pembayaran Iuran BPJS dengan Mudah

Peserta BPJS memiliki kewajiban membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih saat pertama kali mendaftar. Peserta tidak boleh telat bayar iuran, karena jika sampai telat maka status kepesertaan akan dinonaktifkan sehingga anda tidak bisa menggunakan bpjs untuk berobat sampai tagihan dilunasi.

Terkadang ada peserta yang lupa dengan tagihannya, apakan sudah bayar atau belum. Maka dari itu anda dapat cek pembayaran iuran anda melalui aplikasi online yang telah dibuat oleh bpjs untuk cek tagihan iuran. Cara cek pembayaran iuran bpjs sangat mudah, hanya dengan memasukan nomor kartu peserta dan tanggal lahir.

Jika anda telat membayar iuran tidak ada denda yang dibebankan saat melakukan pelunasan. Untuk lebih jelasnya, silahkan bagi yang belum mengetahui cari cek pembayaran bpjs dapat mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Kunjungi situs resmi bpjs-kesehatan.go.id

2. Pilih menu “cek iuran peserta” yang ada di bagian kiri.
Lihat gambar berikut :

cek-iuran-peserta-bpjs

cek-iuran-peserta-bpjs

3. Setelah itu anda akan masuk ke aplikasi bpjs checking yang akan menampilkan data pembayaran anda dan keluarga dengan memasukan nomor VA dan tanggal lahir.

aplikasi-cek-iuran-bpjs

aplikasi-cek-iuran-bpjs

  • Isi nomor VA
  • masukan tanggal lahir
  • masuk angka yang terlihat
  • klik Cek.

4. Setelah itu sistem akan mencari data dan menampilkannya. Data yang akan ditampilkan yaitu, Nama Peserta, Jumlah tagihan yang harus dibayar dan tanggal pembayaran terakhir.

5. Setelah anda mengetahui jumlah pembayaran iuran yang harus anda bayarkan silahkan anda bayar ke Indomaret atau Alfamart terdekat. Namun, jika anda telat bayar hingga 1 tahun maka pembayaran hanya bisa dilakukan di kantor bpjs. Setelah tagihan dilunasi maka status kepesertaan anda akan di aktifkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply