Cara Merubah Data Peserta BPJS Kesehatan Mandiri

Formulir Perubahan Data BPJS

Banyak sekali kesalahan yang dialami oleh peserta BPJS terutama bagi yang mendaftar secara online, kesalahan yang paling sering dilakukan yaitu terjadinya kesalahan nama lengkap, tanggal lahir sehingga data berbeda dengan kartu keluarga sehingga peserta perlu merubah data-data yang terjadi kesalahan.

Kesalahan tersebut terkadang membuat seseorang terkendala ketika ingin berobat menggunakan kartu bpjs dikarenakan data yang berbeda.  Namun, pada dasarnya jika ada kesalahan yang tidak terlalu fatal peserta tetap bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat, tapi juga terkadang ada juga oknum yang mempersalahkan hal ini.

Jika anda mengalami hal demikian, terjadi kesalahan pada data anda maka anda dapat memperbaiki data peserta dengan mendatangi kantor bpjs kesehatan yang ada didaerah anda dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan yaitu seperti KTP, Kartu Keluarga dan Kartu BPJS yang ada.

Selanjutnya, isi formulir perubahan data yang telah disiapkan di kantor bpjs. Isi dengan lengkap, dan jangan sampai ada kesalahan lagi. Untuk itu sebelum memberikan formulir perubahan data, maka periksa terlebih dahulu apakah data sudah semuanya benar.

Setelah data anda selesai di perbaharui oleh Petugas BPJS, maka anda akan mendapatkan kartu peserta yang baru yang bisa anda gunakan untuk berobat. Selanjutnya, anda harus membayar iuran tepat waktu agar status bpjs anda tetap aktif (tidak di nonaktifkan).

Khusus untuk Peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) yang terdaftar melalui Perusahaan termpat bekerja maka anda dapat menghubungi pihak HRD perusahaan untuk melakukan perubahan Data tersebut.

Baca Juga : Akibat Terlambat Iuran?

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...



loading...

Leave a Reply