Cara Berobat Gratis dengan BPJS Kesehatan

Cara Berobat Gratis dengan BPJS

Banyak keuntungan yang akan anda dapatkan setelah menjadi anggota bpjs kesehatan, sesuai dengan namanya maka anda kan mendapatkan perlindungan terkait kesehatan diri anda. Dengan bpjs kesehatan anda berhak mendapatkan pengobatan gratis, karena semua biaya akan ditanggung pihak BPJS.

Memang ada beberapa jenis pengobatan dan perawatan lain yang masih membutuhkan biaya tambahan dari pasien. Melihat biaya kesehatan (berobat) ketika sakit semakin lama semakin tinggi tiap tahunnya, maka dengan menjadi peserta bpjs kesehatan akan memberikan keuntungan bagi anda.

Untuk bisa menggunakan kartu bpjs dan mendapatkan fasilitas berobat gratis maka anda harus memahami prosedur pengobatan dari bpjs kesehatan. Ada proses atau tahapan – tahapan yang harus dilalui peserta ketika akan berobat menggunakan kartu yang dimilikinya.

Apabila peserta berobat ke rumah sakit menggunakan layanan BPJS tanpa mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, maka dapat dipastikan peserta akan ditolak di Rumah Sakit tersebut. Maka dari itu Anda memang harus melalui beberapa tahapan dan cara menggunakan BPJS untuk berobat.

Berikut ini merupakan prosedur berobat yang harus anda lakukan ketika ingin menggunakan kartu bpjs dan biaya pengobatan akan ditanggung sepenuhnya pihak BPJS.

1. Mendatangi Puskesmas Setempat (Faskes 1)

Ketika anda telah terdaftar menjadi peserta bpjs dan mengalami sakit maka anda bisa berobat menggunakan kartu bpjs yang telah anda miliki. Anda tidak bisa langsung berobat ke Rumah sakit melainkan anda harus berobat terlebih dahulu ke Faskes (Fasilitas Kesehatan) terlebih dahulu.

Faskes yang dimaksud yaitu Puskesmas, klinik atau Dokter Keluarga yang telah tertulis pada kartu peserta bpjs anda. Kecuali jika anda sakit dalam kondisi darurat maka anda dapat langsung ke Rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Kriteria Gawat Darurat menurut BPJS

2. Pemeriksaan di Puskesmas (Faskes 1)

Ketika anda telah mendatangi faskes 1 (puskesmas, klinik atau dokter keluarga) maka anda akan diperiksa kondisi kesehatannya. Kemudian anda mendapatkan pengobatan dari pihak medis, namun jika puskesmas tidak sanggup menangani maka pasiean akan di rujuk ke Rumah Sakit (faskes lanjutan).

Anda akan mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit terkait, bawa kartu bpjs dan surat rujukan yang telah diberikan ketika anda pergi ke Rumah Sakit. Tanpa ada keduanya maka anda akan di tolak sebagai pasien BPJS dan akan menjadi pasien umum, yang mana biaya rumah sakit akan ditanggung sendiri.

Maka dari itu membawa surat rujukan dan kartu bpjs memang merupakan hal yang hukumnya wajib jika Anda ingin mendapatkan pengobatan dengan biaya yang ringan bahkan gratis.

3. Ke Rumah Sakit Rujukan

Setelah Anda siap dengan kelengkapan yang dipersayaratkan, maka Anda bisa langsung berangkat menuju rumah sakit yang telah ditetapkan. Ingat saat datang jangan terlambat, karena jika Anda datang terlambat maka Anda bisa tidak dilayani hari itu dan Anda harus menunggu besok harinya. Kelengkapan yang dipersyaratkan kepada pasien yang tergolong bukan pasien darurat saat berobat ke rumah sakit sendiri yaitu:

    1. Kartu BPJS Asli beserta foto copynya
    2. Foto copy KTP yang masih berlaku
    3. Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
    4. Foto Copy Surat Rujukan dari FASKES 1

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply