Arti Kode APS dalam Surat Rujukan Berobat BPJS Kesehatan

Kode Aps pada Surat Rujukan

BPJS Kesehatan telah membuat sebuah aturan termasuk salah satunya mengenai prosedur berobat pasien untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS. Pasien atau Peserta bpjs yang sakit dapat berobat menggunakan kartu bpjs yang dimilikinya dengan aturan yang berlaku dimana pasien supaya berobat mengikuti sistem rujukan berjenjang.

Maksudnya adalah Pasien atau Peserta bpjs yang sakit harus berobat ke faskes 1 terlebih dahulu, faskes yang dituju telah tertulis dalam kartu anggota masing – masing. Peserta tidak diperkenankan berobat langsung kerumah sakit tanpa surat rujukan, jika yang bersangkutan langsung berobat kerumah sakit maka akan dinyatakan pasien umum yang musti bayar sendiri biaya yang dikeluarkan untuk berobat, kecuali dalam keadaan darurat.

Peserta yang sakit dapat berobat ke  dengan membawa kartu bpjs, kk dan ktp. Faskes 1 akan memberikan pertolongan pertama terhadap keluhan atau gangguan kesehatan yang peserta alami. Jika dalam kondisi tertentu dimana faskes 1 keterbatasan alat medis atau alasan tertentu pasien akan di rujuk ke rumah sakit rekanan bpjs kesehatan untuk segera mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

Tapi jika penyakit pasien dapat diatasi di faskes 1 maka pasien tidak akan di rujuk ke rumah sakit. Namun, masih banyak peserta atau pasien bpjs yang ngotot minta di rujuk ke rumah sakit padahal dapat di selesaikan di faskes 1. Jika demikian, maka pasien atau peserta yang bersangkutan akan mendapatkan surat rujukan namun terdapat kode “APS” (atas pilihan sendiri), sehingga ketika berobat ke rumah sakit walaupun dengan rujukan maka biayanya tidak di tanggung bpjs.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply